bagaimana-cara-menghilangkan-sakit-gigi-dengan cepat

Artikel ditinjau oleh: drg. Besse Malempurwati

Bagaimana cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat?

Pertanyaan ini sering kali muncul dari mereka yang mengalaminya. Tidak dipungkiri jika sakit gigi melanda, rasa nyerinya memang mengganggu sekali.

Saking terasa sakitnya, kadang banyak yang bertanya, “Adakah cara menghilangkan sakit gigi degan cepat? Apakah harus menggunakan obat atau ada cara alami?”

Nah, ulasan berikut akan membahas hal-hal yang berkaitan dengan sakit gigi. Yuk, simak selengkapnya!

Kenapa Gigi Bisa Sakit?

Sakit gigi bisa datang secara tiba-tiba dan mungkin Anda pernah mengalaminya.

Bagi yang pernah mengalaminya, Anda tentu akrab dengan rasa nyeri, sakit, dan tidak nyaman. Sakit gigi bisa terjadi karena kurang menjaga kebersihan pada bagian mulut dan gigi.

Sehingga menimbulkan permasalahan yang serius. Bagian saraf pulpa pada gigi yang mengalami infeksi dan iritasi oleh bakteri itulah penyebab munculnya rasa sakit dan nyeri.

Pasalnya, saraf pulpa merupakan yang paling sensitif pada bagian tubuh manusia. Selain itu, sakit gigi juga bisa terjadi karena permasalahan yang berasal dari bagian tubuh lainnya.

Sakit gigi memang tidak mengancam keselamatan jiwa penderitanya, tapi apabila tidak tertangani juga bisa menimbulkan berbagai permasalahan.

5 Cara Menghilangkan Sakit Gigi

Bagaimana cara menghilangkan rasa sakit gigi dengan cepat?

Sebagai obat alternatif sebagai langkah awal penanganan sakit gigi, Anda bisa dengan memanfaatkan bahan sederhana dan alami yang bisa ditemukan dengan mudah, di antaranya:

1. Air Garam

Garam dipercaya mampu untuk mengurangi peredangan dan membantu menyembuhkan luka, terutama pada area mulut. Campurkan kira-kira satu setengah sendok garam ke dalam satu gelas air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur.

2. Bawang Putih

Kandungan allicin pada bawang putih dapat membantu membasmi bakteri yang muncul sebagai penyebab sakit gigi. Sehingga rasa sakit dan nyeri dapat segera teratasi.

Langkahnya haluskan beberapa siung bawang putih agar menjadi seperti pasta. Kemudian berikan kepada bagian gigi yang terasa sakit.

3. Kompres Teh Pepermint

Teh ini dapat Anda peroleh di pasaran seperti marketplace atau situs jual beli online. Gunakan kantong teh bekas pakai yang sudah Anda letakkan pada lemari pendingin. Kompreskan pada area gigi yang sakit.

4. Daun Jambu Biji

Memiliki kandungan anti radang dan bakteri. Sehingga bisa bermanfaat untuk mengobati sakit dan nyeri pada gigi. Caranya cukup dengan mencuci bersih daun tersebut.

Kemudian silakan mengunyahnya sampai hancur. Jika tidak suka, bisa dengan menghancurkan daunnya kemudian merebus dengan air. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

5. Kompres Air Dingin

Mengompres pipi dengan air dingin bisa menjawab pertanyaan tentang bagaimana cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat. Kompres dingin akan membantu untuk menyempitkan pembuluh darah pada area yang sakit, sehingga nyeri berkurang.

Rekomendasi Obat Sakit Gigi yang Alami

Ada berbagai jenis obat sakit gigi yang bisa Anda gunakan untuk meredakan rasa nyeri. Namun, Anda tidak wajib membelinya di apotek sebab beberapa bahan alami berikut dapat Anda manfaatkan sebagai obat sakit gigi yang mujarab.

  1. Bawang putih;
  2. Garam;
  3. Biji asam jawa;
  4. Kunyit;
  5. Daun mint;
  6. Lemon;
  7. Minyak cengkeh;

Apabila beberapa bahan alami tersebut tidak mempan, maka bisa membeli obat di apotek untuk meredakan rasa sakitnya. Berikut beberapa obat sakit gigi yang aman tanpa resep dokter di apotek:

  1. Ibuprofen;
  2. Paracetamol;
  3. Naproxen;
  4. Dentasol;
  5. Cataflam Drops.

Nah, demikianlah beberapa informasi terkait bagaimana cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat.

Intinya, Sakit gigi memang menyebabkan tidak nyaman bagi siapapun yang mengalami.

Maka dari itu, untuk mencegah terjadinya sakit gigi, ada baiknya jika Anda rutin berkonsultasi dengan dokter gigi.

Anda bisa konsultasi dengan dokter gigi di Klinik Sengkang Medical Centre dengan datang langsung atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 1 Juli 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.