cara-mengatasi-demam-pada-anak

Artikel ditinjau oleh: dr. Fadiyah Ulfah Khalid

Demam pada anak tidak selalu memberikan sinyal berbahaya sebab hal ini umum terjadi. Bahkan sebenarnya di beberapa kasus demam bisa mereda dengan sendirinya.

Mayoritas orang tua pasti akan khawatir saat si kecil mengalami sakit, terutama ketika demam. Apalagi jika kondisi seperti itu terjadi di malam hari. Nah, jangan khawatir, ada beberapa cara mengatasi anak demam yang bisa Anda terapkan di rumah; termasuk cara mengatasi anak demam di malam hari.

Yuk, simak informasi berikut ini!

Mengenal Demam pada Anak dan Berapa Suhunya?

Cara mengatasi demam anak yang tidak turun bisa dengan memeriksakan ke dokter. Sebenarnya demam pada anak terjadi saat suhunya melebihi 37 derajat celcius.

Ibu bisa mengukurnya menggunakan termometer atau alat pengukur suhu tubuh. Sementara itu, suhu tubuh normal yakni antara 36 – 37 derajat celcius.

Demam terjadi saat tubuh memberikan reaksi atau sinyal bahwa anak sedang melawan infeksi. Meski begitu, sakit demam juga tidak bisa disepelekan karena bisa jadi tanda adanya penyakit lain.

7 Cara Mengatasi Demam pada Anak

Bagaimana cara mengatasi anak demam tinggi yang tidak kunjung turun suhunya? Tentu jika kondisi tersebut terjadi pada Anda, rasa khawatir pasti ada. Namun pastikan tidak panik.

Berikut beberapa cara yang bisa orang tua lakukan saat anak sakit demam tinggi.

1. Berikan Banyak Cairan

Saat si kecil demam, pastikan kebutuhan cairan dalam tubuhnya terpenuhi. Bisa dilakukan dengan membuat si kecil minum air putih yang cukup. Kadang hal ini susah dilakukan, karena si kecil tidak mau minum.

Orang tua bisa mengakalinya dengan cara lain, yakni mencari sumber cairan selain dari air putih. Bisa menggunakan kaldu ayam hangat, jus buah encer, dan sebagainya.

Hal ini juga dimaksudkan untuk mencegah dehidrasi yang bisa terjadi ketika kekurangan cairan dalam tubuh.

2. Kompres dengan Air Hangat

Berikan kompres pada si kecil di bagian tubuhnya, bisa dahi atau ketiak. Gunakan kain bersih dan celupkan ke air hangat kira-kira 10-15 menitan. Jika kompres sudah mulai kering jangan lupa mulai menggantinya.

3. Pastikan Beristirahat Secara Penuh

Dengan beristirahat akan membantu si kecil pulih lebih cepat ketimbang harus banyak beraktivitas. Namun kadang anak susah untuk melakukannya, orang tua bisa mencari cara agar si kecil mau beristirahat total saat demam.

4. Membuat Kondisi Anak Tetap Sejuk

Karena demam tentu suhu tubuh meningkat, untuk membantu menurunkannya Anda bisa melakukan beberapa langkah berikut.

  1. Menghindarkan si kecil memakai pakaian dan selimut tebal;
  2. Melap si tubuhnya dengan air hangat;
  3. Memperbanyak minum air putih pada suhu ruang.

5. Memberikan Obat Penurun Demam

Salah satu pertolongan pertama yang bisa dilakukan saat si kecil sakit adalah dengan memberinya obat penurun demam khusus anak. Bisa membelinya di apotek terdekat dengan dosis sesuai aturan.

6. Berikan Asupan Makanan Bergizi

Meski saat demam mulut terasa pahit sehingga susah makan, tetap saja orang tua harus berinisiatif membuat si kecil makan. Serta memastikan kandungan nutrisi bisa masuk ke dalam tubuhnya.

Jika anak masih belum makan, bisa memberinya ASI yang akan membantu pembentukan antibodi tubuh. Sehingga demam segera turun.

7. Buat Anak Merasa Nyaman

Bisa dilakukan dengan berbagai cara sesuai kenyamanan anak. Misalnya tetap menjaga suhu ruang dalam kondisi normal, tidak terlalu panas atau dingin. Memberikan aroma esensial agar lebih mudah tidur, dan sebagainya.

Itulah beberapa cara mengatasi demam pada anak yang bisa dilakukan di rumah. Apabila tidak kunjung turun, maka bisa segera membawanya ke dokter untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.

Jika cara meredakan demam di atas sudah dicoba, tapi demam pada anak tidak kunjung turun setelah lebih dari 3 hari; segeralah berkonsultasi langsung ke dokter, apalagi jika disertai dengan gejala diare, muntah, mual, kejang atau pingsan.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di klinik Sengkang Medical Centre atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

Agar terhindar dari demam dan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh anak, lengkapi pula kebutuhan vitamin Anda sekeluarga dengan vitamin dan suplemen. Dapatkan vitamin Anda di sini!

***

Terakhir diperbarui: 17 September 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.