cara-mengatasi-gigi-berlubang-yang-sakit

Artikel ditinjau oleh: drg. Besse Malempurwati

Cara mengatasi gigi berlubang yang sakit bisa dilakukan sendiri tanpa harus ke dokter. Namun sebelumnya, perlu melihat kondisi tingkat keparahannya seperti apa.

Masalah gigi berlubang bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Pada beberapa kasus, gigi berlubang bisa menyebabkan rasa nyeri yang tidak tertahankan.

Tentu hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari penderitanya. Lantas, apakah gigi berlubang bisa sembuh? Bagaimana cara mengatasi sakit pada gigi berlubang? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini!

Mengapa Gigi Bisa Berlubang dan Sakit?

Penyebab sakit gigi bermacam-macam. Bisa dari karena gusi, benturan, hingga gigi sensitif. Selain itu, gigi berlubang juga bisa memicu rasa nyeri yang tidak tertahankan di beberapa kasus.

Lantas, kenapa gigi berlubang sakit terus? Awalnya proses gigi berlubang terjadi karena plak yang dibiarkan. Plak pada gigi tersebut merupakan lapisan akibat tidak bersih dalam merawat gigi, sehingga sisa makanan tertinggal di sela gigi.

Plak juga berisi bakteri yang lama-lama bisa merusak lapisan gigi dan menyebabkan lubang. Proses perusakan yang dilakukan oleh bakteri terjadi secara bertahap dan jika tidak ditangani bisa lebih parah.

Lubang yang muncul hingga infeksi bisa menyebabkan sakit yang berlebihan. Tidak hanya rasa nyeri yang berkepanjangan, tapi juga mengakibatkan masalah gusi, sariawan, hingga bau mulut.

7 Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang Sakit

Nyeri tidak tertahankan akibat gigi berlubang bisa saja terjadi. Anda bisa melakukan beberapa langkah alami untuk penyembuhan. Berikut beberapa cara menghilangkan sakit gigi berlubang agar tidak kambuh lagi:

1. Gunakan Air Garam untuk Berkumur

Anda bisa memakai air garam untuk berkumur sebagai antiseptik dan antibakteri. Langkah ini bisa membantu untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri yang muncul akibat infeksi.

Air garam dengan kandungan antibakterinya juga membantu mencegah perkembangan bakteri di dalam mulut. Caranya dengan melarutkan satu sendok teh garam dapur ke air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur.

2. Bawang Putih

Meski diklaim sebagai bahan yang bisa membuat mulut bau, bawang putih dipercaya bisa jadi obat alami sakit gigi berlubang. Kandungan di dalamnya bersifat antibakteri yang juga bisa membantu meminimalisir rasa sakit yang muncul.

Adapun cara penggunaan bawang putih sebagai bahan untuk mengatasi sakit gigi yakni sebagai berikut:

  1. Siapkan 3 siuang bawang putih yang sudah dihaluskan, kemudian campur dengan seperempat sendok teh garam;
  2. Oleskan campuran tersebut pada bagian gigi yang berlubang;
  3. Diamkan kira-kira 10 menitan dan kumur dengan air garam atau obat kumur yang tersedia di pasaran;
  4. Lakukan dua kali sehari agar bakteri dalam gigi berlubang tidak berkembang biak.

3. Gunakan Kompres Dingin atau Panas

Cara ini dipercaya mampu membantu meringankan efek nyeri di bagian luar yang merasakan sakit.

4. Jaga Kebersihan Gigi

Tetap sikat gigi secara teratur dengan perlahan. Jika memungkinkan, gunakan obat kumur untuk menekan perkembangan bakteri di dalam mulut.

5. Minum Obat Pereda Nyeri di Apotek

Jika nyeri tidak tertahankan, pilihan obat di apotek untuk meminimalisir rasa nyeri bisa digunakan. Pastikan menggunakan jenis yang ringan sesuai dosisnya.

6. Tempelkan Teh Celup Dingin

Kandungan tanin di dalam teh celup bisa membantu meredakan nyeri pada gigi berlubang. Caranya dengan menyimpan teh celup di dalam freezer agar dingin dan tempelkan kantongnya di bagian gigi yang berlubang.

7. Gunakan Cengkeh

Senyawa eugenol di dalam cengkeh bisa membantu melawan bakteri karena berperan sebagai antiseptik alami. Caranya bisa dengan menggigit kapas yang sudah direndam dalam minyak cengkeh atau bisa juga menggunakan sebagai obat kumur.

Itulah beberapa cara mengatasi gigi berlubang yang sakit secara mandiri. Namun jika tidak kunjung sembuh, segera memeriksakan diri ke dokter untuk memperoleh penanganan secara intensif. Anda bisa konsultasi dengan dokter gigi di Klinik Sengkang Medical Centre dengan datang atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

Tapi yang paling penting, untuk mencegah sakit gigi berlubang, ada baiknya jika Anda rutin berkonsultasi dengan dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali.

***

Terakhir diperbarui: 17 September 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.