cara-mengatasi-nyeri-ulu-hati

Artikel ditinjau oleh: dr. Rezki Fadhilla Sari

Cara mengatasi nyeri ulu hati sebenarnya mudah jika gejalanya tidak terlalu parah. Cukup melakukan pertolongan pertama dari rumah tentunya akan sembuh.

Namun jika tidak kunjung sembuh, solusi penanganannya ialah menyerahkan ke tenaga kesehatan.

Penyakit GERD menjadi salah satu penyebab nyeri ulu hati yang sering dialami oleh mayoritas penderita. Saat nyeri pada bagian ulu hati muncul, tentunya tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas.

Itulah kenapa penting sekali mengetahui cara mengatasi nyeri di ulu hati. Sehingga apabila hal tersebut terjadi pada Anda, maka bisa segera mengatasinya. Pasalnya, jika terlambat atau salah menangani, malah bisa memperburuk kondisi.

Kenapa Nyeri Ulu Hati Bisa Terjadi?

Banyak orang yang merasakan nyeri pada bagian ulu hatinya setelah makan, ada juga yang merasakan saat perut dalam kondisi kosong. Gejala tersebut masih tergolong ringan.

Yang mana kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Sehingga penderita kerap bersendawa, merasakan mual hingga muntah.

Meski demikian, penyebab nyeri ulu hati juga bisa karena adanya permasalahan kesehatan lain. Seperti penyakit jantung, sindrom iritasi usus, kanker lambung, dan berbagai penyakit lain.

Itulah mengapa jika rasa nyeri yang penderita alami tidak kunjung mereda dan sembuh, maka lebih baik mengkonsultasikan kepada ahlinya, sehingga bisa tahu penyebab dan penanganannya.

5 Cara Mengatasi Nyeri Ulu Hati

Penyebab secara umum saat seseorang mengalami sakit pada bagian ulu hati ialah karena asam lambung naik. Rasa sakitnya akan semakin terasa jika memakan makanan tertentu.

Umumnya terjadi selama sekitar 2 jam, kemudian akan mereda. Cara mengatasi nyeri ulu hati karena asam lambung bisa dengan melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Longgarkan pakaian Anda, terutama pada bagian bawah perut;
  2. Berbaringlah dengan bagian kepala lebih tinggi dari jantung;
  3. Untuk menenangkan, bisa mengonsumsi teh chamomile;
  4. Kompres bagian perut yang terasa nyeri dengan air dingin;
  5. Konsumsi obat-obatan yang dapat membantu menetralkan asam lambung; jika dirasa perlu. Misalnya jenis obat yang mengandung antasida.

Langkah-langkah tersebut juga merupakan bagian dari cara mengatasi ulu hati akibat maag. Semoga bisa membantu memberikan pertolongan pertama saat Anda atau keluarga mengalaminya.

Tips Menghindari Nyeri Ulu Hati

Jika memang sudah pernah mengalami rasa nyeri pada bagian ulu hati, maka sebaiknya mengatur diri untuk menghindari hal tersebut terulang kembali. Anda bisa mencegah atau menghindarinya dengan kiat-kiat berikut:

1. Mengatur Pola Makan

Pastikan mengatur pola makan Anda secara tepat. Misalnya makan dengan teratur dan sesuai jamnya. Hindari makan sebelum tidur, terlalu cepat mengunyah, dan langsung dalam jumlah banyak.

2. Jangan Merokok

Merokok merupakan kebiasaan buruk yang bisa memicu berbagai permasalahan kesehatan. Hal ini juga dapat membuat seseorang menjadi tidak nyaman pada bagian ulu hati. Anda perlu menghentikan kebiasaan merokok untuk mencegah permasalahan pada lambung.

3. Menghindari Makanan yang Bisa Memicu Asam Lambung Naik

Hindari juga makan makanan yang bisa memicu asam lambung naik. Misalnya seperti makanan terlalu pedas, asam, soda, alkohol, bahkan obat-obatan dengan kandungan tertentu.

Itulah beberapa informasi terkait dengan cara mengatasi nyeri ulu hati. Menghindari hal-hal yang bisa memicu permasalahan bagi kesehatan tentu akan memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Konsultasikan masalah nyeri ulu hati atau permasalahan kesehatan Anda di Klinik Sengkang Medical Centre.

Bisa dengan datang langsung di klinik atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 30 Juni 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.