cara-mengatasi-tidak-enak-badan-dan-pusing

Artikel ditinjau oleh: dr. Andi Fikryah Muliana Ashariana, S.Ked

Anda tentu pernah merasakan badan yang tidak terasa nyaman sehingga, susah untuk beraktivitas atau bahkan untuk mengerjakan kegiatan ringan sehari-hari sekalipun.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa cara mengatasi tidak enak badan dan pusing ini wajib diketahui oleh semua orang. Tujuannya, tidak lain sebagai langkah antisipasi jika kondisi ini terjadi.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi tidak enak badan dan pusing, yuk cari tahu dulu apa sebenarnya penyebab masalah kesehatan yang satu ini!

Apa Itu Tidak Enak Badan dan Penyebabnya?

Dunia kedokteran menyebut tidak enak badan dengan istilah Malaise.

Tidak enak badan adalah gejala yang mengiringi hampir semua permasalahan kesehatan. Malaise selalu terjadi secara perlahan atau cepat, tergantung dengan jenis penyakitnya.

Malaise sendiri sebenarnya bukanlah penyakit, tetapi gejala dari penyakit tertentu. Penyebabnya dapat beraneka ragam, bisa kelelahan penyakit ringan hingga penyakit serius.

Apa penyebab badan tidak terasa tidak enak ini tidak pasti.

Akan tetapi, sebagian besar malaise ini timbul karena rasa lelah yang berlebihan. Kelelahan terjadi bersamaan dengan gejala tidak enak badan. Kedua gejala ini membuat seseorang kehilangan energi yang cukup untuk melakukan aktivitas rutin.

Walau terdengar sepele, Anda tetap harus waspada.

Anda sebaiknya mengamati dengan seksama gejala tidak enak badan yang timbul. Jadi, ketika gejala semakin memburuk, Anda bisa segera mencari bantuan medis terdekat.

Apa Itu Pusing dan Penyebabnya?

Pusing adalah sensasi seperti melayang, berputar dan membuat penderitanya merasa akan pingsan. Pusing bisa dialami oleh siapa saja dan sensasi yang terjadi dapat berbeda antara satu orang dengan orang yang lain.

Sama seperti apa artinya kurang enak badan, pusing adalah gejala dari penyakit tertentu.

Pusing sering terjadi, tetapi jarang menjadi penyakit berbahaya. Akan tetapi, gejala ini tetap harus dikonsultasikan dengan dokter; apalagi jika sudah terjadi secara terus-menerus.

Pusing jarang disebabkan oleh kondisi yang berbahaya. Kadang, penyebabnya adalah perubahan sistem tubuh yang kompleks misalnya ketika hamil, bangun tidur, setelah olahraga, atau saat haid.

7 Cara Mengatasi Tidak Enak Badan dan Pusing

Tidak enak badan tentu akan membuat Anda kesulitan untuk beraktivitas. Begitu juga dengan pusing yang menekan di kepala. Berikut ini beberapa cara mengatasi tidak enak badan dan pusing yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

Minum Air

Banyak minum air putih akan membantu menurunkan suhu tubuh agar tidak terlalu panas. Selain itu, minum air secara rutin dapat membuang berbagai racun dari dalam tubuh.

Pakai Pakaian Tipis

Saat tidak enak badan, secara insting Anda mungkin langsung memakai pakaian hangat dan berbaring di balik selimut tebal. Namun, cara ini tidak sepenuhnya benar. Sebaiknya gunakan pakaian tipis yang mampu menyerap keringat.

Tidur

Ketika sakit, Anda disarankan agar lebih banyak istirahat. Tujuannya, agar tubuh dapat memproduksi sel-sel darah putih secara maksimal. Sel darah putih tersebut bermanfaat untuk membangun sistem kekebalan tubuh guna melawan virus dan bakteri.

Kompres Air Hangat

Tubuh meningkatkan suhu internal untuk menyerang bakteri dan virus penyebab penyakit. Jika dilawan dengan kompres dingin tubuh akan menganggapnya sebagai ancaman. Jadi saat tidak enak badan, lebih baik pilih kompres hangat.

Jangan Dipijat

Saat tidak enak badan, sebenarnya Anda tidak perlu dipijat. Para ahli sendiri berpendapat bahwa aktivitas memijat saat tidak enak badan akan menimbulkan stimulasi berlebihan pada tubuh.

Mandi Air Hangat

Pusing mungkin akan membuat seseorang lebih berkeringat. Maka dari itu, Anda bisa mandi dengan menggunakan air hangat suam-suam kuku. Pastikan airnya tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Pasalnya, mandi air hangat dapat membantu meredakan nyeri otot sekujur badan.

Minum Obat

Beberapa obat meriang di apotek dapat membantu meringankan gejala pusing dan tidak enak badan. Obat yang dapat dikonsumsi antara lain adalah ibuprofen, paracetamol, dan aspirin.

Permasalahan mengenai apakah obat tidak enak badan ini bisa bereaksi sesuai kondisi kesehatan, Anda sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter.

Nah, itu tadi informasi seputar cara mengatasi tidak enak badan dan pusing. Intinya, jika dua gejala ini berlangsung terus-menerus, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Konsultasikan masalah tidak enak badan dan pusing Anda di Klinik Sengkang Medical Centre. Anda bisa dengan datang langsung di klinik atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 12 Agustus 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.