cara-mengobati-anak batuk-pilek

Artikel ditinjau oleh: dr. Fadiyah Ulfah Khalid

Para orang tua perlu tahu cara mengobati anak batuk pilek. Pasalnya, penyakit ini merupakan salah satu gangguan kesehatan yang sering menyerang si kecil.

Sementara usia kanak-kanak termasuk ke dalam kategori yang rentan terhadap penyakit.

Jadi, ketika berada di rumah bisa segera memberikan pertolongan pertama. Tentu batuk pilek pada si kecil bisa menyiksa mereka. Lebih-lebih jika masih berusia di bawah 2 tahun.

Jangan panik adalah salah satu langkah yang perlu orang tua lakukan saat anak sakit batuk pilek. Sebagai pertolongan pertama, Anda bisa melakukan pengobatan dari rumah.

Penyebab Anak Batuk Pilek

Umumnya penyebab batuk pilek adalah karena virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Sementara si kecil belum memiliki sistem kekebalan tubuh sekuat orang dewasa. Sehingga sangat rentan sekali terserang penyakit.

Selain bakteri dan virus, batuk pilek pada anak juga bisa terjadi karena faktor alergi. Misalnya alergi asap rokok, debu, udara dingin, tungau, bulu binatang, makanan/minuman tertentu, dan sebagainya.

Jadi, orang tua perlu memahami sakit yang anak alami. Apabila tidak memungkinkan pertolongan pertama, maka bisa segera membawanya ke dokter.

Berapa Lama Batuk Pilek pada Anak Bisa Terjadi?

Batuk pilek pada anak yang disebabkan oleh bakteri maupun virus, umumnya akan sembuh dalam kurun waktu 10-14 hari. Tapi, jika dalam kurun 3-4 hari pertama tidak ada penurunan gejala, maka segera berkonsultasi dengan tenaga kesehatan.

5 Cara Mengobati Batuk Pilek di Rumah

Saat anak sakit batuk dan pilek, maka disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Terutama apabila si kecil masih berumur di bawah 2 tahun. Namun Anda tetap bisa membantu meringankan keluhannya dengan beberapa cara sederhana.

1. Tidur yang Cukup

Tubuh si kecil membutuhkan banyak energi agar mampu melawan bakteri maupun virus yang bisa menyebabkan infeksi. Sehingga pastikan si kecil bisa istirahat yang cukup. Buatlah tidurnya nyaman, sehingga dapat lebih nyenyak.

2. Posisikan Kepala Lebih Tinggi Saat Berbaring

Ketika tidur, posisikan kepalanya lebih tinggi. Saat batuk pilek, seringkali anak akan rewel karena merasa kesulitan bernapas. Meletakkan kepala lebih tinggi bisa membantu untuk membuat napasnya semakin lega.

3. Berikan Air Putih Lebih Banyak

Minum air putih juga membantu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh si kecil serta dapat mengencerkan dahak. Sehingga saat batuk lebih mudah keluar dan si kecil terhindar dari dehidrasi.

Anda juga bisa menggunakan air putih hangat dan menambahkan madu di dalamnya. Sehingga selain membantu melegakan tenggorokan juga bisa sebagai peningkat daya tahan tubuhnya.

4. Oleskan Balsem Khusus Anak

Memberikan balsem khusus untuk anak. Oleskan ke bagian dada, leher, dan punggungnya. Sebelum menggunakan pastikan balsem tersebut khusus untuk usianya.

5. Berikan Obat Batuk Pilek Anak Alami Paling Ampuh di Apotek

Ada beberapa rekomendasi obat panas batuk pilek anak yang bagus dan bisa Anda dapatkan di apotek.

  1. Hufagripp pilek biru sirup 60 ml;
  2. Hufagripp flu & batuk sirup 60 ml;
  3. Obat batuk pilek anak yang manjur selanjutnya adalah Bisolvon kids strawberry;
  4. Panadol sirup anak;
  5. Anakonidin 30 ml;
  6. Bodrexin pilek alergi.

Tips Menghindarkan Anak dari Batuk Pilek

Anda bisa menghindarkan si kecil dari batuk dan pilek dengan cara melakukan beberapa kegiatan sederhana berikut ini.

  1. Selalu mencuci tangan pakai sabun sebelum makan dan setelah beraktivitas;
  2. Menjaga kebersihan rumah dan seluruh isinya;
  3. Menyajikan buah-buahan dan sayuran untuk si kecil;
  4. Menggunakan gelas dan piring bersih saat makan;
  5. Melepaskan stres pada si kecil, dengan membiarkan mereka banyak bergerak;
  6. Memastikan si kecil tidur cukup;
  7. Menambah asupan prebiotik pada si kecil.

Nah, itulah beberapa cara mengobati anak batuk pilek yang bisa orang tua terapkan dari rumah. Namun, untuk si Kecil yang masih berumur di bawah 2 tahun, disarankan konsultasi terlebih dahulu ke dokter.

Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter di klinik Sengkang Medical Centre atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

Lengkapi pula kebutuhan vitamin Anda sekeluarga agar sistem kekebalan tubuh dapat terjaga. Beli vitaminnya di sini.

***

Terakhir diperbarui: 30 Juni 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.