cara-mengobati-sakit-gigi-berlubang

Artikel ditinjau oleh: drg. Besse Malempurwati

Sakit gigi berlubang memang suatu kondisi yang tidak mengenakkan.

Gigi akan terasa sakit dan membuat Anda tidak bisa makan dengan bebas. Bahkan Anda bisa tidak punya mood untuk mengunyah makanan apapun akibat sakit gigi.

Perlu dipahami bahwa sakit gigi disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah gigi berlubang.

Biasanya rasa sakit disertai dengan suhu tubuh yang naik, sehingga kadang membuat Anda menjadi lemas. Lalu, apa sih cara mengobati sakit gigi berlubang yang tak kunjung sembuh?

Sebelum membahas cara mengobati sakit gigi berlubang yang tak kunjung sembuh, yuk cari tahu dulu penyebab dan faktor risiko gigi berlubang!

Penyebab dan Faktor Risiko Sakit Gigi Berlubang

Gigi berlubang adalah kondisi di mana gigi  menjadi rusak akibat terkikisnya lapisan luar gigi (enamel).

Biasanya kondisi ini disebabkan oleh berkembangnya bakteri jahat di mulut, karena sering makan manis dan kurang memperhatikan masalah kesehatan gigi.

Awalnya gigi bisa berlubang karena adanya plak gigi. Plak gigi terbentuk dari sisa makanan yang tidak dibersihkan, yang akhirnya mengeras dan menempel di dasar gigi dekat gusi. Jika dibiarkan secara terus menerus, plak akan menjadi asam dan dapat mengikis enamel gigi.

Lama kelamaan akan membentuk lubang pada gigi, dan jika tidak segera ditangani maka bakteri akan masuk ke pulpa , sehingga menginfeksi gigi.

Ada beberapa faktor yang membuat Anda mengalami risiko gigi berlubang di antaranya:

  • Jarang menyikat atau membersihkan setelah makan
  • Tidak menggunakan pasta gigi atau obat kumur yang berfluoride untuk membersihkan gigi.
  • Mengonsumsi minuman dan makanan manis secara berlebihan.
  • Menderita gangguan makan atau anoreksia.
  • Menderita penyakit asam lambung, maag atau gerd dan mulut kering
  • Berusia lanjut, sehingga enamel mulai menipis dengan sendirinya dan produksi air liur berkurang.
  • Terlalu banyak mengkonsumsi obat obatan, suplemen, vitamin dan lainnya yang menyebabkan gigi berlubang.

5 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang yang Sakit Terus Menerus

Ada beberapa metode atau pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk cara mengobati sakit gigi yang berlubang, di antaranya sebagai berikut:

1.   Filling atau Tambal Gigi

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan gigi berlubang adalah dengan melakukan tambal gigi. Sakit gigi berlubang terjadi karena adanya lubang yang berisi bakteri, jika dibiarkan maka lubang akan bertambah besar.

Maka dari itu, perlu menambal bagian gigi yang berlubang agar gigi tidak rusak. Dokter terlebih dahulu akan membersihkan gigi dan menambalnya dengan bahan khusus seperti porselen, emas, perak dan lainnya.

2.   Cabut Gigi

Cabut gigi merupakan langkah paling terakhir jika gigi sudah tidak bisa diperbaiki. Gigi yang dicabut bisa meninggalkan ruang atau celah yang bisa menyebabkan gigi lainnya dapat bergeser. Biasanya dokter akan menyarankan implant atau menggunakan bridge untuk menggantikan posisi gigi yang dicabut.

3.   Perawatan Saluran Akar Gigi

Cara mengobati sakit gigi  berlubang selanjutnya adalah dengan melakukan saluran perawatan akar gigi. Metode ini dikenal dengan istilah root canal. Perawatan ini dilakukan bila pembusukan sudah mencapai bagian dalam gigi atau pulpa.

4.   Kumur Air Garam

Ada juga cara alami yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang di rumah adalah dengan berkumur dengan air garam. Dengan berkumur air garam dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab gigi berlubang.

5.   Minum Obat Pereda Nyeri

Jika Anda tidak tahan dengan sakit gigi berlubang, Anda bisa mengatasinya dengan meminum obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan acetaminophen.

Rekomendasi Obat Sakit Gigi Berlubang

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa rekomendasi obat yang bisa digunakan untuk meredakan gigi berlubang, di antaranya yakni:

  • Obat sakit gigi cap burung kakak tua
  • Dentova pro mouthwash
  • Proris ibuprofen
  • Sumagesic strip
  • Paramex SK

Nah, itulah beberapa cara mengobati sakit gigi berlubang dan rekomendasi obat sakit gigi yang bisa jadi pilihan. Yang terpenting dari masalah ini sebenarnya adalah bagaimana merawat gigi tetap sehat dan meminimalisir kerusakan gigi.

Untuk mencegah sakit gigi berlubang, ada baiknya jika Anda rutin berkonsultasi dengan dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali.

Anda bisa konsultasi dengan dokter gigi di Klinik Sengkang Medical Centre dengan datang langsung atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 11 Agustus 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.