cara-mengobati-sakit-pinggang-belakang

Artikel ditinjau oleh: dr. Rezki Fadhilla Sari

Apakah Anda saat ini sedang mengalami sakit di pinggang bagian belakang?

Ingat, cara mengobati sakit pinggang belakang ini harus disesuaikan dengan penyebab dari penyakitnya sendiri. Sakit di bagian pinggang sendiri bisa terjadi karena beberapa hal.

Kurang olahraga bisa jadi menjadi salah satu penyebab timbulnya sensasi sakit di bagian belakang pinggang bisa juga karena posisi tidur dan posisi duduk yang salah. Namun, mengangkat barang yang terlalu berat pun dapat menimbulkan sakit pinggang.

Untuk memahami lebih lanjut mengena masalah sakit pinggang bagian belakang, yuk simak informasi berikut ini!

Apa Itu Sakit Pinggang Belakang?

Sakit pinggang adalah sakit pada bagian punggung dari area bawah atau belakang.

Penderita sakit pinggang ini dapat mengalami sakit yang hilang timbul atau justru terus-menerus. Cara mengobati sakit pinggang belakang pun harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Sakit pinggang paling sering ditimbulkan karena cedera otot di area pinggang bisa akibat posisi tubuh yang salah mengangkat benda berat atau melakukan gerakan secara berulang tanpa pemanasan.

Sakit punggung belakang ini juga dapat disebabkan oleh gangguan pada ginjal, infeksi, atau masalah tulang belakang.

Penyebab dan Faktor Risiko Sakit Pinggang Belakang

Bukan hanya Penyakit yang menimbulkan sakit di bagian pinggang belakang.

Ada beberapa kebiasaan sepele juga yang bisa menyebabkan timbulnya sakit pinggang ini, di antaranya adalah:

  1. Posisi tidur salah

Hal yang paling sering menjadi penyebab timbulnya gangguan pada pinggang adalah posisi tidur yang salah. Situasi ini sering terjadi dan jarang disadari oleh penderita.

  1. Kasur Terlalu Keras

Tahukah Anda bahwa hal sepele seperti tempat tidur yang keras dan kurang nyaman dapat memicu sakit pinggang? Hal inilah yang menjadi alasan mengapa saat membeli kasur, Anda harus memilihnya dengan cermat agar mencegah terjadinya sakit pinggang belakang.

  1. Salah Bantal

Posisi tidur dan kasur keras serta bantal yang salah juga dapat membuat pinggang terasa tidak nyaman. Jadi, jangan salah memilih bantal agar tidak sakit pinggang.

  1. Otot Tegang

Ketika tubuh melakukan gerakan yang jarang dilakukan, otot mungkin saja tegang karena tertariknya otot ligamen. Pada tingkat yang parah ligamen dan otot bisa saja robek. Pada akhirnya, mengobati pinggang belakang yang sakit butuh waktu yang lama.

5 Cara Mengobati Sakit Pinggang Belakang

Cara mengobati pinggang belakang sakit harus diatasi dengan mencari tahu penyebab kenapa area tersebut sakit. Jadi, sebaiknya cari tahu dulu apa yang menjadi penyebab utama timbulnya sakit pinggang tersebut.

Berikut adalah 5 cara mengatasi sakit pinggang secara alami:

  1. Jangan terlalu banyak baring

Orang yang mengalami nyeri pada bagian pinggang justru akan merasakan sakit yang lebih intens jika terlalu banyak berbaring dalam waktu lama. Sebaiknya tetap beraktivitas ringan secara  berhati-hati untuk membantu proses penyembuhan sakit pinggang.

  1. Rajin Olahraga

Aktivitas fisik adalah obat terbaik untuk sakit punggung. Berjalan biasa sangat membantu untuk mengurangi nyeri. Akan tetapi, jauhi aktivitas berat dan hindari gerakan spontan untuk menghindari timbulnya rasa sakit.

  1. Pertahankan Postur Tubuh yang Baik

Rasa sakit yang timbul setelah latihan cukup lama di tempat olahraga, membuat banyak orang yang beranggapan bahwa olahraga menimbulkan sakit pinggang. Namun, sebenarnya postur tubuh yang buruk saat aktivitas sehari-hari membuat punggung semakin tertekan.

  1. Kompres Dingin dan Panas

Kompres panas dan dingin dapat meringankan sakit pinggang bagian belakang. Dokter umumnya merekomendasikan penggunaan es selama 48 jam pertama setelah terjadi cedera. Lalu alihkan ke kompres hangat.

  1. Berhenti Merokok

Merokok tidak hanya merusak paru-paru tetapi juga memberikan tekanan pada daerah punggung. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa perokok dan mantan perokok cenderung mengalami sakit punggung lebih sering jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Demikian cara mengobati sakit pinggang belakang. Jika sakit pinggang berlangsung berkepanjangan sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya lebih pasti. Pemeriksaan secara dini dapat meminimalisir terjadinya penyakit lebih serius.

Anda dapat memeriksakan diri ke di Klinik Sengkang Medical Centre. Anda bisa dengan datang langsung di klinik atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 12 Agustus 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.