cara-menjaga-kebersihan-gigi-dan-mulut

Artikel ditinjau oleh: drg. Sri Hardiyanti

Sariawan, gusi bengkak bau mulut maupun gigi berlubang memang bukanlah penyakit yang berat dan serius, meski demikian kesehatan gigi dan mulut yang buruk bisa menyebabkan komplikasi.

Maka dari itu, Anda wajib tahu bagaimana cara menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Bakteri dalam mulut dikenal dengan istilah mikrobiome oral. Bakteri tersebut hidup di area pipi dalam, lidah, langit-langit, amandel dan gusi.

Jika mulut terlalu asam dan kotor maka bakteri tersebut akan berkembang sangat pesat.

Nah, apabila Anda membiarkannya secara terus menerus, maka bakteri akan masuk ke aliran darah seperti jantung, otak, bahkan usus.

Salah satu bakteri yang berbahaya yang menyebabkan peradangan di tubuh adalah bakteri Porphyromonas gingivalis (Pg). Bakteri ini merupakan bakteri yang menyebabkan permasalahan dalam gusi.

Untuk memahami lebih lanjut mengenai hal ini, yuk simak informasi berikut!

Kenapa Kita Harus Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut ?

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut  adalah  info yang harus diketahui oleh setiap orang, sama seperti kesehatan organ tubuh lainnya.

Pasalnya, mulut merupakan organ pertama masuknya makanan dan minuman. Mulut juga merupakan pencerna makanan sebelum masuk ke lambung.

Jika mulut tidak dijaga kebersihannya, maka akan memicu penyakit lainnya, selain penyakit yang berhubungan dengan gigi dan mulut; bahkan komplikasi penyakit yang lebih serius.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa menjaga kebersihan gigi dan mulut sangat penting.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebersihan Gigi dan Mulut

Ada beberapa faktor yang turut mempengaruhi kebersihan gigi dan mulut, di antaranya:

1.   Jenis Kelamin

Jenis kelamin merupakan faktor pertama yang mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut.

Riset menunjukkan bahwa perempuan memiliki kesehatan gigi dan mulut yang lebih baik dari laki-laki. Hal ini disebabkan oleh kebiasaan merokok yang tidak umum bagi perempuan.

2.   Usia

Faktor kedua yang mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut selanjutnya adalah usia.

Seiring bertambahnya usia , maka kesehatan gigi dan mulut akan menurun. Makanya, Anda perlu melakukan perawatan gigi dan mulut mulai dari sekarang.

3. Faktor Kebiasaan

Faktor terakhir yang mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut adalah faktor kebiasaan sehari-hari.

Semakin sering individu melakukan perawatan dan menggosok gigi, maka kebersihan gigi dan mulut pun akan semakin terjaga. Begitu pula sebaliknya.

5 Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

Nah, berikut ini ada beberapa cara menjaga kebersihan gigi dan mulut yang benar, di antaranya:

1.   Jangan Sikat Gigi Terlalu Keras

Menyikat gigi memang dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, menyikat gigi juga dapat menghilangkan plak yang dapat mengakibatkan radang gusi. Namun jika Anda terlalu keras menyikat gigi, maka hal ini akan mengakibatkan gusi bermasalah.

Menyikat gigi terlalu keras juga dapat mengikis enamel gigi yang tipis. Akibatnya, gigi akan menjadi lebih sensitif.

Perlu dipahami bahwa menyikat gigi harus dilakukan dengan lembut tanpa tekanan selama dua menit dan harus rutin sebanyak dua kali sehari: pagi dan sebelum tidur.

2.   Sikat Gigi Secara Rutin

Menyikat gigi memang sangat penting untuk menghilangkan plak dari sisa-sisa makanan. Bahkan, dokter gigi selalu menyarankan untuk menyikatkan dua kali sehari secara rutin.

Adapun teknik yang baik untuk menyikat gigi adalah dengan memposisikan sikat gigi berada dalam sudut 45 derajat menghadap gusi.

Kemudian mulai gerakan sikat gigi dari depan dan belakang secara perlahan.

Bersihkan bagian luar dan dalam dan permukaan gigi. Gunakan bagian ujung sikat untuk membersihkan bagian dalam gigi depan.

3.    Gunakan Pasta Gigi Berfluoride

Fluoride merupakan kandungan yang terdapat dalam pasta gigi. Manfaatnya adalah untuk mencegah gigi berlubang.

Fluoride yang diserap tubuh akan membangun gigi dan menguatkan enamel gigi.

Fluorida juga sering kali disebut sebagai pertahanan utama gigi dan melindungi gigi Anda dari kuman. Hasilnya, gigi akan menjadi sehat dan nafas segar.

4.   Menggunakan Benang Gigi

Benang gigi yang biasa digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi (flossing) ternyata bisa menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Pasalnya, benang gigi mampu membersihkan plak yang ada di sela-sela gigi. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda menggunakan benang gigi setelah menyikat gigi.

5.   Berkumur dengan Air Garam

Air garam dikenal sebagai obat kumur alami yang dapat mengontrol pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Air garam juga disebut-sebut mampu mencegah sakit gigi dan menyembuhkan radang gusi. Olehnya itu, ada baiknya jika Anda berkumur dengan air garam secara rutin.

Kesimpulannya, setiap orang wajib menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk mencegah masalah yang bisa saja muncul secara tiba-tiba; seperti sakit gigi atau radang gusi.

Jangan lupa juga untuk rutin berkonsultasi dengan dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali.

Anda bisa konsultasi dengan dokter gigi di Klinik Sengkang Medical Centre dengan datang langsung atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 13 Agustus 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.