cara-menurunkan-tekanan-darah-tinggi-dan-kolestrol

Artikel ditinjau oleh: dr. Rezki Fadhilla Sari

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolestrol bisa Anda mulai dari melakukan kebiasaan hidup sehat.

Dengan menerapkan kebiasaan yang sehat, tentunya bisa menghindari atau meminimalisir hal tersebut.

Sering kali darah tinggi atau hipertensi maupun kolestrol tinggi terjadi karena faktor gen atau keturunan.  Anda tidak bisa menghindari hal ini, tapi Anda dapat meminimalisirnya.

Faktor lain yang bisa memicu permasalahan tekanan darah tinggi dan kolesterol, antara lain:

  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Gaya hidup yang tidak sehat

Tidak dapat dipungkiri jika semua faktor ini bisa memperbesar risiko seseorang punya tekanan darah dan kolesterol tinggi. Untuk memahami kedua masalah ini, yuk simak informasi berikut!

Tekanan Darah Normal Orang Dewasa

Tekanan darah menjadi ukuran yang menentukan seberapa kuat jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Angka normal tekanan darah pada anak dan orang dewasa tidaklah sama.

Agak sulit mengetahui tekanan darah normal pada anak. Pasalnya, mereka mengalami berbagai fase pertumbuhan, sehingga angkanya tidak bisa terus-menerus sama.

Sementara tekanan darah normal orang dewasa adalah antara  90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg.

Angka 90 dan 120 menunjukkan tingkat tekanan jantung ketika sedang memompa darah. Sedangkan angka 60 dan 80 menunjukkan saat organ jantung beristirahat sejenak.

Kadar Kolestrol Normal Orang Dewasa

Menjaga kadar kolestrol normal merupakan salah satu hal yang penting untuk menurunkan risiko penyakit. Utamanya yang berkaitan dengan organ tubuh vital seperti jantung.

Untuk mengecek kadar kolestrol normal orang dewasa, Anda perlu tahu jenis kelamin dan juga usia terlebih dahulu.

Berikut kadar kolesterol normal orang dewasa:

  1. Pria dengan usia di bawah 19 tahun sebaiknya memiliki kadar kolestrol di bawah 170 mg/dL. Mereka akan dikatakan memiliki kadar kolestrol tinggi jika jumlahnya mencapai 200 mg/dL;
  2. Pria dengan usia 20 tahun ke atas sebaiknya memiliki kadar 125-200 mg/dL dan akan disebut tinggi jika lebih dari 239 mg/dL;
  3. Wanita dengan usia di bawah 19 tahun sebaiknya punya kadar kolestrol di bawah 170 mg/dL. Sementara mereka dikatakan memiliki kadar kolestrol tinggi jika angkanya lebih dari 200 mg/dL;
  4. Wanita usia 20 tahun lebih normalnya punya kadar kolestrol 125-200 mg/dL, serta dikatakan tinggi jika berada di angka 239 mg/dL.

5 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolestrol

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolestrol secara alami bisa memulainya dengan melakukan gaya hidup sehat dan mengatur konsumsi makanan setiap hari.

Jadi, Anda tidak harus selalu mengonsumsi obat untuk menurunkan kadar kolesterol. Cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol bisa dengan:

1. Rutin Berolahraga

Olahraga secara rutin tentunya membuat tubuh akan lebih banyak bergerak. Sehingga bisa melatih otot jantung lebih kuat saat memompa darah tanpa memaksa kinerjanya.

Dengan olahraga tubuh bisa merangsang enzim untuk bekerja dan menyingkirkan kolestrol jahat dari pembuluh darah.

Rutin berolahraga selama 150 menit setiap minggu bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kolestrol dalam tubuh. Mulai dari melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, bersepeda, berenang, naik tangga, jogging, dan sebagainya.

2. Menjaga Pola Makanan

Pola makan yang buruk juga memicu naiknya kadar kolestrol dalam darah. Pola makan tersebut biasanya dengan mengonsumsi makanan berat menjelang tidur.

Belum lagi dengan makan makanan yang memicu kolestrol dan hipertensi. Misalnya makanan yang mengandung banyak garam, lemak trans, lemak jenuh, dan sebagainya.

3. Hindari Stres

Cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolestrol selanjutnya adalah dengan menghindari stres. Kondisi stres berkepanjangan bisa memicu naiknya tekanan darah dalam tubuh.

Anda bisa melakukan relaksasi, meditasi, atau berbagai kegiatan lain yang menyenangkan sesuai hobi untuk mengalihkan stres. Jadi, berusaha mengendalikan diri sangat penting.

4. Mengonsumsi Bahan Alami untuk Menurunkan Hipertensi dan Kolestrol

Konsumsi bahan-bahan alami yang bisa membantu menurunkan kadar kolestrol dan tekanan darah tinggi. Seperti bawang putih, kayu manis, seledri, akar kucing, kapulaga, dan sebagainya.

Intinya, cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolestrol bisa mulai dari menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari pemicu tekanan darah tinggi dan kolesterol.

5. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Tidak harus selalu menggunakan obat-obatan kimia. Cara menurunkan tekanan darah tinggi dan kolestrol bisa mulai dari menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari hal-hal yang bisa memicunya.

Tidak hanya itu, selalu pantau tekanan darah dan kadar kolesterol Anda di Klinik Sengkang Medical Centre secara berkala agar Anda bisa terbebas dari risiko tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Anda bisa dengan datang langsung di klinik atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 30 Juni 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.