cara-menyembuhkan-pilek-dan-hidung-tersumbat

Artikel ditinjau oleh: dr. Rezki Fadhilla Sari

Hidung tersumbat tentu menimbulkan tidak nyaman saat beraktivitas. Cara menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat ini sebenarnya tidak sulit. Sebelum kita mencari tahu caranya, ada baiknya kita paham terlebih dahulu mengenai gangguan kesehatan yang satu ini, termasuk penyebab dan faktor risiko pilek dan hidung tersumbat.

Apa Itu Pilek dan Hidung Tersumbat?

Hidung tersumbat terjadi karena saluran hidung dan sinus mengalami iritasi. Selaput yang melapisi saluran hidung meradang karena alergi atau udara kotor yang dihirup. Jika hal ini terjadi, hidung akan memproduksi lendir untuk mengusir segala kotoran yang terasa mengganggu. Lendir pengusir gangguan tersebutlah yang membuat hidung jadi tersumbat.

Cara cepat menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat ini sebenarnya bisa dilakukan sendiri di rumah, sehingga gejala pilek tidak menghambat aktivitas harian Anda.

Penyebab Umum dan Faktor Risiko Pilek dan Hidung Tersumbat

Ada banyak hal yang menyebabkan hidung tersumbat, misalnya saja karena flu serta alergi. Namun apapun hal yang memicunya, gejala yang terjadi dapat membuat Anda merasa tidak nyaman. Dengan demikian, cara menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat harus segera dilakukan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa penyebab hidung tersumbat dan pilek ini ada beberapa macam. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

Batuk Pilek

Gejala batuk dan pilek biasanya terjadi karena ada benda asing yang masuk ke dalam saluran napas bagian atas yaitu hidung dan tenggorokan. Terjadinya infeksi atau peradangan juga akan menimbulkan pilek hingga hidung tersumbat.

Influenza

Influenza terjadi disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan dan paru-paru. Kondisi tersebut dapat menimbulkan hidung tersumbat. Flu sendiri bisa sembuh tanpa diobati tetapi rawan terjadi komplikasi.

Sinusitis Akut

Batuk pilek yang terlalu lama dapat menimbulkan sinusitis akut. Kondisi ini sebenarnya dapat sembuh secara sendirinya tanpa obat dalam waktu 10 hari. Akan tetapi, saat terjadinya sinusitis jaringan dalam hidung akan meradang dan bengkak. Hasilnya, rongga hidung menjadi sempit dan produksi lendir pun semakin meningkat.

Alergi

Saat penderita alergi terpapar oleh alergen atau penyebab alergi, maka tubuh akan menimbulkan reaksi. Berbagai reaksi bisa terjadi akibat alergi ini. Pada rinitis alergi, hal ini dapat menimbulkan gangguan pada sistem pernapasan. Ditambah lagi produksi lendir dalam rongga hidung semakin meningkat yang menimbulkan reaksi bersin dan pilek.

Hidung pun menjadi tersumbat karena kondisi ini.

5 Cara Menyembuhkan Pilek dan Hidung Tersumbat

Ada berbagai cara menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat, salah satunya dengan penggunaan obat-obatan dan beberapa perubahan pola hidup. Untuk tahu lebih lanjut, berikut informasinya!

1. Obat pereda nyeri

Walau tidak dapat menghilangkan hidung mampet secara cepat, tetapi pereda nyeri dapat meredakan nyeri yang ditimbulkan oleh tekanan sinus. Namun, tetap perhatikan petunjuk dosis pada label obat pereda nyeri tersebut.

2. Dekongestan

Dekongestan membantu mengurangi timbulnya pembengkakan di saluran hidung, meredakan hidung tersumbat dan sinus yang menekan. Obat dekongestan biasanya berupa semprotan hidung atau obat yang harus diminum.

3. Antihistamin

Antihistamin adalah pengobatan yang digunakan untuk meredakan alergi. Fungsinya untuk membantu mengurangi keluhan hidung tersumbat dan pilek.

4. Minum Air

Jika biasanya Anda minum 7-8 gelas per hari, maka saat pilek dan hidung tersumbat, minumlha air putih lebih banyak dari kondisi normal. Pasalnya, cairan yang masuk ke dalam tubuh membuat kekentalan lendir di hidung semakin berkurang.

5. Mandi

Terakhi, cara ampuh menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat adalah dengan mandi air hangat. Mandi menggunakan air hangat ini dapat membuat lendir dalam hidung berkurang, sehingga Anda bisa sedikit bernapas dengan lega.

Demikian tadi informasi mengenai penyebab dan cara menyembuhkan pilek dan hidung tersumbat yang bisa Anda lakukan. Namun, jika Anda menginginkan cara yang lebih efektif dan efisien ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter di klinik Sengkang Medical Centre atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

Agar terhindar dari penyakit pilek dan hidung tersumbat dan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, lengkapi pula kebutuhan vitamin Anda sekeluarga dengan vitamin dan suplemen. Dapatkan vitamin Anda di sini!

***

Terakhir diperbarui: 10 Agustus 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.