cara-meredakan-demam-tinggi

Artikel ditinjau oleh: dr. Andi Fikryah Muliana Ashariana, S.Ked

Demam tinggi lazimnya ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat hingga mencapai 39°C atau lebih.

Kondisi ini masih terhitung normal yang menjadi reaksi dari sistem kekebalan tubuh karena infeksi; baik berupa vaksinasi atau penyakit tertentu.

Nah, cara meredakan demam pun dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Jadi, Anda tidak perlu panik.

Yang perlu dicatat adalah meski bisa hilang dengan sendirinya, demam yang tinggi sering kali menimbulkan rasa tidak nyaman bagi orang yang sakit.

Terlebih jika demam itu disertai dengan gejala lain, misalnya sakit kepala dan hidung tersumbat. Untuk memahami gangguan kesehatan ini lebih lanjut, yuk, simak informasi lengkapnya di sini!

Apa Itu Demam? Berapa Suhu Normal Tubuh Manusia?

Sudah dijelaskan di awal bahwa demam adalah kondisi terjadinya peningkatan suhu tubuh di atas 39 derajat Celcius. Suhu tubuh yang meningkat adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh untuk memerangi infeksi.

Umumnya tenaga medis akan menyarankan untuk tidak perlu menurunkan demam jika suhunya tidak terlalu tinggi. Tapi, jika demam naik terlalu tinggi, ada baiknya untuk segera ditangani sebelum terjadi komplikasi.

Perlu dicatat, suhu badan normal manusia bervariasi pada setiap orang.

Pada orang dewasa, suhu tubuh normal berkisar antara 36,1-37,2 derajat Celcius. Sementara pada bayi, suhu tubuh suhu tubuh normal mereka lebih tinggi, yakni antara 36,6-38 derajat Celcius.

Suhu tubuh akan dikategorikan demam tinggi jika berada di atas 39 derajat Celcius. Jika tidak ada tanda-tanda menurun dalam 3 hari setelah melakukan berbagai cara menurunkan demam, Anda sebaiknya segera menghubungi dokter.

Pertanyaannya, bagaimana cara meredakan demam tinggi yang berlangsung secara terus-menerus? Berikut jawabannya!

5 Cara Meredakan Demam Tinggi

Ada beberapa cara sederhana meredakan demam tinggi yang yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa nyaman yang ditimbulkannya.

1. Istirahat Cukup

Saat terjadi demam, sebaiknya Anda membatasi aktivitas fisik dan mencukupi waktu tidur sepanjang hari. Istirahat yang cukup dapat mempercepat proses penyembuhan dan menurunkan suhu tubuh yang sempat naik.

2. Kompres Air Hangat

Kompres air hangat di bagian dahi dan ketiak dapat menurunkan demam tinggi secara alami. Selain itu, Anda juga bisa mandi air hangat untuk meredakan demam.

Pasalnya, air hangat dapat melebarkan pembuluh darah serta pori-pori. Membuat panas keluar dari badan dan suhu tubuh pun turun.

3. Minum Air Putih

Saat demam tubuh rentan mengalami dehidrasi.

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi perlu untuk memperbanyak konsumsi air putih. Selain minum air putih, dehidrasi juga dapat diatasi dengan mengonsumsi sup hangat dan jus.

4. Mengenakan Pakaian Tipis

Saat demam tinggi sebaiknya hindari memakai pakaian tebal. Memakai pakaian tipis bisa menjadi salah satu cara meredakan demam pada orang dewasa. Selain itu, pastikan suhu ruangan tetap sejuk dan udara dapat mengalir dengan bebas.

5. Minum Obat dan Vitamin

Jangan lupa untuk mengonsumsi obat pereda demam dan vitamin dalam dosis yang tepat sesuai dengan rekomendasi. Selain minum vitamin, iringi dengan meminum minuman hangat seperti teh hangat atau teh jahe.

Rekomendasi Obat Demam yang Dijual di Apotik

Selain beberapa cara menurunkan demam tinggisederhana di atas, Anda juga sebaiknya minum obat. Ada obat yang dijual bebas di apotek dan manjur untuk menurunkan demam. Selain untuk menurunkan suhu tubuh tinggi, obat tersebut juga dapat mengatasi sakit kepala yang menyertai demam.

Obat yang biasa dijual di apotik antara lain adalah ibuprofen dan paracetamol.

Namun, obat penurun demam ini harus dikonsumsi sesuai dengan petunjuk pemakaian yang tertera pada label. Agar lebih aman bagi orang dewasa atau ibu hamil dianjurkan untuk meminum obat pereda demam sesuai dengan saran dari dokter.

Jika cara meredakan demam di atas sudah dicoba, tapi demam tidak kunjung turun setelah lebih dari 3 hari. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter, apalagi jika disertai dengan gejala diare, muntah, mual, kejang atau pingsan.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di klinik Sengkang Medical Centre atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

Agar terhindar dari demam dan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, lengkapi pula kebutuhan vitamin Anda sekeluarga dengan vitamin dan suplemen. Dapatkan vitamin Anda di sini!

***

Terakhir diperbarui: 10 Agustus 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.