ciri-ciri-tekanan-darah-tinggi

Artikel ditinjau oleh: dr. Fadiyah Ulfah Khalid

Memahami ciri-ciri tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa dilakukan sebagai salah satu antisipasi.

Gejalanya memang tidak terlihat serius, tapi siapapun perlu waspada.

Pasalnya, penyakit ini bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius jika tidak segera tertangani. Seperti strok, serangan jantung, hingga komplikasi. Oleh karenanya rutin melakukan cek tekanan darah itu penting, apalagi bagi Anda yang memiliki keluarga yang punya riwayat tekanan darah tinggi.

Tekanan Darah Normal Orang Dewasa

Tekanan darah normal orang dewasa antara 90/60 sampai 120/80 mmHg. Bagi yang punya tekanan darah di atas angka tersebut, maka Anda perlu waspada. Apalagi jika disertai dengan gejala-gejala tertentu.

7 Ciri-Ciri Tekanan Darah Tinggi

Apa saja yang dirasakan saat darah tinggi?

Sebagian penderita, masih belum menyadari bahwa mereka memiliki tekanan darah tinggi. Di awal memang tidak terlihat serius, tapi jika tidak segera mendapatkan penanganan, kondisinya bisa berujung fatal.

Maka dari itu, Anda perlu memahami gejala hipertensi seperti apa. Sehingga jika Anda merasakan gejala demikian, maka bisa segera berkonsultasi dengan dokter.

1. Sakit Kepala Parah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan sakit kepala, bahkan bisa parah. Kenapa demikian? Pasalnya, otak merasakan tekanan, dan parahnya bisa menyebabkan darah bocor dari otak.

Kemudian akan terjadi pembengkakan pada otak dan menambah tekanan. Hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya sakit kepala. Kondisi ini pun akan dirasakan oleh penderita hipertensi parah.

2. Sering Merasa Lelah dan Lemah

Ketika tekanan darah naik, maka jantung akan bekerja lebih cepat dari biasanya dan membuatnya jadi lebih besar. Nah, saat itulah jantung akan membutuhkan lebih banyak oksigen.

Jantung juga akan kesulitan dalam mempertahankan aliran darah yang tepat. Sehingga seseorang akan merasakan kelelahan dan tidak dapat melakukan aktivitas fisik seperti normalnya.

3. Kesulitan Bernapas

Tanda lain yang bisa terjadi adalah susah bernapas. Pembuluh darah yang membawa dari jantung ke paru-paru mengalami penyempitan. Sehingga alirannya jadi terganggu dan kondisi tersebut bisa menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan napas.

4. Gangguan pada Penglihatan

Terjadi permasalahan pada penglihatan juga menjadi salah satu gejala darah tinggi yang perlu Anda waspadai. Hal ini terjadi karena adanya kerusakan pada pembuluh darah di bagian belakang mata, lebih tepatnya pada retina.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan gangguan penglihatan bahkan bisa permanen jika tidak segera mendapatkan penanganan.

5. Detak Jantung Tidak Normal

Ciri-ciri tekanan darah tinggi naik selanjutnya adalah detak jantung yang tidak teratur. Jangan menganggap remeh hal ini sebab bisa berdampak pada komplikasi seperti gagal jantung, strok, pembekuan darah, dan sebagainya.

6. Nyeri di Dada

Penyempitan pembuluh darah juga bisa menyebabkan penyumbatan, utamanya yang mengarah ke jantung. Sehingga otot jantung menjadi terganggu dan dapat menyebabkan kekurangan oksigen. Kondisi ini pun akan memicu nyeri pada bagian dada.

7. Adanya Darah pada Urine

Hematuria atau darah dalam urine sering terjadi pada penderita darah tinggi akut dan juga mereka yang mengalami gangguan ginjal. Hal tersebut terjadi karena pecahnya pembuluh darah kecil di area sekitar kista.

Faktor Risiko Tekanan Darah Tinggi Naik

Ada dua faktor risiko tekanan darah tinggi naik pada seseorang: faktor risiko yang tidak bisa diubah dan yang bisa diubah.

Faktor risiko yang tidak bisa penderita ubah ini memang sudah melekat padanya, misalnya:

  1. Jenis kelamin;
  2. Usia;
  3. Genetik

Sementara faktor yang dapat Anda ubah, berasal dari perilaku yang tidak sehat, antara lain:

  1. Obesitas;
  2. Merokok;
  3. Diet tinggi lemak dan rendah serat;
  4. Mengkonsumsi garam berlebihan;
  5. Kurang gerak dan tidak pernah olahraga;
  6. Stres;
  7. Sering mengkonsumsi alkohol.

Setelah mengetahui ciri-ciri tekanan darah tinggi, semoga bisa menjadi referensi pengetahuan untuk diri sendiri dan keluarga. Jaga pola hidup sehat dan hindari hal-hal yang memicu tekanan darah naik untuk kehidupan yang lebih baik.

Selalu pantau tekanan darah Anda di Klinik Sengkang Medical Centre secara berkala agar Anda bisa terbebas dari dampak buruk tekanan darah tinggi .

Anda bisa dengan datang langsung di klinik atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 30 Juni 2022
Referensi:

  • SehatQ. Ciri-ciri Darah Tinggi yang Diam-diam Sering Menelan Korban. Diakses 30 Juni 2022 https://www.sehatq.com/artikel/ciri-ciri-darah-tinggi-sering-tak-terlihat-jangan-sampai-jadi-korbannya
  • Puskesmas Andalas. Faktor Resiko Hipertensi. Diakses 30 Juni 2022 https://puskesmasandalas.padang.go.id/faktor-resiko-hipertensi/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.