kadar-kolesterol-normal-menurut-usia

Artikel ditinjau oleh: dr. Andi Fikryah Muliana Ashariana, S.Ked

Kadar kolesterol normal tidak sama ukurannya pada tiap orang. Kadar kolesterol normal menurut usia dan kelamin wajib dipahami guna menjaga kesehatan tubuh.

Pasalnya, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menimbulkan berbagai penyakit berbahaya. Contohnya antara lain, jantung koroner strok, serta diabetes.

Maka dari itu, sangat disarankan bagi orang dewasa untuk memeriksa kadar kolesterol secara teratur.

Apa itu Kadar Kolesterol Normal?

Kolesterol adalah zat lemak yang dibuat oleh hati, dan bisa ditemukan dalam beberapa makanan tertentu. Kolesterol ini sebenarnya memiliki banyak peran penting untuk tubuh, terutama untuk sintesis hormon serta vitamin D, juga membantu pengangkatan lipid.

Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh untuk tetap sehat. Namun, kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terjadi berbagai masalah kesehatan serius. Sangat penting untuk mengetahui kadar kolesterol normal menurut usia demi menjaga kesehatan tubuh.

Kadar Kolesterol Normal Menurut Usia Orang Dewasa Pria dan Wanita

Untuk mengetahui kadar kolesterol tubuh anda dapat melakukan pengecekan secara berkala. Pengecekan ini penting untuk memantau kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kadar kolesterol normal menurut usia ini menjadi penentu kesehatan.

Kadar kolesterol normal wanita dan pria dihitung berdasar beberapa komponen misalnya LDL, HDL, trigliserida, dan kolesterol total. Semua dihitung dalam satuan mg/dL.

Kadar LDL  ( Low-density Lipoprotein)

Kadar LDL yang terlalu banyak bisa menimbulkan risiko penumpukan plak pada pembuluh arteri. Sehingga, aliran darah terhambat dan menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah. Hal ini akan menyebabkan timbulnya penyakit kardiovaskular.

Kadar HDL (High-density Lipoprotein)

HDL kerap juga disebut dengan kolesterol baik. Semakin tinggi kadar HDL di dalam darah, maka semakin rendah kadar LDL. Sehingga, dapat mencegah serangan jantung serta stroke.

Kadar Trigliserida

Kolesterol normal pria juga dapat diketahui berkat kandungan kadar trigliserida di aliran darah. Trigliserida adalah jenis lemak paling banyak ditemukan dan berfungsi untuk menyimpan kelebihan energi dari makanan yang dikonsumsi.

Tingginya kadar trigliserida sangat berkaitan dengan kadar LDL yang tinggi dan HDL yang rendah. Dapat memicu timbulnya penumpukan lemak pada Arteri serta meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kadar Kolesterol Total Berdasar Usia dan Jenis Kelamin

Perhitungan kolesterol total normal mencakup keseluruhan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Pengecekan termasuk LDL, HDL, trigliserida, dan lipid lain di tubuh.

Kadar kolesterol normal sendiri bervariasi menurut usia dan jenis kelamin. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  • Pria dan wanita di bawah usia 19 tahun, memiliki kadar kolesterol normal <170 mg/dL. Agak tinggi jika 170-199 mg/dL. Dan tinggi bila di atas angka >200 mg/dL.
  • Pria di usia 20 tahun dan lebih, memiliki kadar kolesterol normal <200 mg/dL. Agak tinggi sekitar 200-239 mg/dL. Tinggi jika di atas >240 mg/dL.
  • Wanita di usia 20 tahun dan lebih terhitung memiliki kolesterol normal jika kadarnya <200 mg/dL. Agak tinggi jika mencapai 200-239 mg/dL. Tinggi diangkat >240 mg/dL.

 Tips Menjaga Kadar Kolesterol

Jika kalau kadar kolesterol terus meninggi dan tidak terkontrol, maka akan timbul Berbagai gangguan jantung dan pembuluh darah titik oleh karena itu penting untuk selalu menjaga kadar kolesterol agar tetap normal.

Cara paling mudah untuk menjaga kadar kolesterol agar tidak naik adalah dengan mengubah gaya hidup. Mulai dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans hingga sering berolahraga ringan seperti jogging atau bersepeda setidaknya 30 menit sehari sebanyak 5 kali seminggu.

Dengan demikian kadar kolesterol normal menurut usia akan terus terkontrol. Setiap orang juga selalu disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mencegah timbulnya penyakit serta menjaga kesehatan tubuh.

Anda bisa memeriksakan kadar kolesterol secara rutin di Klinik Sengkang Medical Centre dan berkonsultasi langsung dengan dokter. Anda bisa dengan datang langsung ke klinik atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 9 Agustus 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.