badan-lemas

Artikel ditinjau oleh: dr. Fadiyah Ulfah Khalid

Anda merasa sering lelah walaupun tidur cukup? Badan lemas tanpa alasan? Sering capek walau tidak melakukan aktivitas berat?

Jika hal ini sering terjadi, maka Anda wajib waspada.

Ada beberapa kondisi yang menimbulkan badan menjadi lemas dan merasa lelah terus-menerus terjadi. Namun pada dasarnya, hal ini menandakan bahwa ada masalah yang terjadi dalam tubuh Anda. Beberapa gejala terasa cukup ringan, tapi ada juga yang lebih berat dan serius.

Apa Itu Badan Lemas?

Ketika Anda merasakan badan lemas, maka beberapa area tubuh tertentu seperti lengan atau kaki kehilangan kekuatan tubuh. Dengan demikian, Anda harus mengeluarkan tenaga lebih hanya untuk bergerak.

Terkadang, mereka yang merasa tubuh tidak berenergi juga mengalami tremor, kesulitan menggerakkan bagian tubuh, serta merasakan kedutan pada area tubuh yang lemas. Dalam dunia medis keadaan ini disebut dengan asthenia. Badan lemas dan mual bisa terjadi sepanjang hari.

Jika kondisi ini terus dibiarkan, lemas akan menjalar ke seluruh bagian tubuh. Akibatnya penderita tidak dapat beraktivitas secara normal.

Penyebab dan Faktor Risiko Badan Lemas

Secara umum, kondisi ketika tubuh terasa tidak berenergi disebabkan oleh dua faktor.

Pertama, lemas karena masalah psikis. Kedua, lemas karena masalah fisik.

Ketika seseorang mengeluh kenapa badan tiba-tiba panas dan lemas, dia juga akan merasakan kelelahan yang berlebihan dan kekurangan energi. Kelelahan ini dapat timbul karena merespons aktivitas yang padat, kebiasaan makan yang buruk, tingkat stres berlebih, kurang tidur, bahkan rasa bosan.

Kelelahan dapat diatasi setelah istirahat atau tidur yang cukup. Namun, dalam beberapa kasus, kelelahan tidak kunjung membaik walau telah tidur cukup, makan makanan sehat, dan jauh dari penyebab stres.

Rasa lelah ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda tengah mengalami masalah kesehatan. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat menimbulkan badan terasa lemah.

1. Pola Hidup Tidak Sehat

Menumpuknya tuntutan hidup membuat Anda menjadi semakin sibuk. Hal ini bisa jadi membuat Anda kesulitan dalam menjalani gaya hidup sehat, sehingga berujung pada timbulnya rasa lelah dan lemas yang tak kunjung hilang.

2. Depresi

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang dapat menjadi penyebab kondisi ketika tubuh terasa tidak berenergi. Kondisi ini ditandai dengan timbulnya perasaan tidak bahagia terus-menerus yang berdampak pada kesehatan.

Selain rasa lelah, penderita juga akan sulit tidur, nafsu makan berkurang, dan sulit untuk berkonsentrasi.

3. Anemia

Anemia adalah kurangnya jumlah sel darah merah di dalam darah titik orang dengan anemia ini tidak dapat membuat sel-sel darah merah yang mencukupi untuk mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Badan  lemas dan lelah menjadi gejala yang paling sering dialami oleh pengidap anemia.

4. Penyakit Jantung

Penyakit jantung juga menjadi penyebab badan yang terasa lemas. Banyak pasien penyakit jantung yang mengeluh kenapa badan tiba-tiba lemas dan mual terus-menerus walau gejala penyakit jantung sendiri tidak kambuh.

Rasa lelah dan lemas ini akan semakin memburuk jika berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat. Jika Anda mengalami kondisi tersebut sebaiknya segera konsultasi terhadap dokter.

5. Diabetes Melitus

Masalah kesehatan lain yang juga kerap menjadi biang dari badan terasa lemas ini adalah diabetes melitus. Proses penyerapan glukosa di dalam sel yang berjalan dengan tidak baik akibat kurangnya insulin menjadi alasan kenapa tiba-tiba badan terasa lemas dan gemetar. Pasalnya, tubuh membutuhkan glukosa sebagai bahan bakar untuk mengolah energi.

Cara Mengatasi Badan Tiba-Tiba Lemas

Saat badan terasa lemas secara terus-menerus, ada baiknya jika Anda menghubungi tenaga medis. Terutama jika rasa lelah tidak berkurang, sering muncul, lemas parah, pusing yang memburuk, dan sulit berkonsentrasi.

Sebagai pertolongan pertama, Anda sebaiknya mengonsumsi air putih lebih banyak dibanding biasanya. Selain itu, hindari mengonsumsi minuman berkafein dan jangan pernah melewatkan waktu makan.

Jika Anda sering merasa tubuh tidak berenergi secara terus-menerus, maka jangan ragu lagi untuk memeriksakan diri ke dokter. Bisa jadi gejala badan lemah ini adalah penyakit kronis yang harus ditangani sedini mungkin.

Konsultasikan masalah badan lemas atau permasalahan kesehatan Anda di Klinik Sengkang Medical Centre. Anda bisa dengan datang langsung di klinik atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 10 Agustus 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.