membersihkan-karang-gigi-secara-alami

Artikel ditinjau oleh: drg. Besse Malempurwati

Membersihkan karang gigi secara alami dapat Anda lakukan di rumah. Karang pada gigi atau biasa disebut dengan plak menjadi salah satu permasalahan yang tidak boleh dianggap sepele.

Jika menelaahlebih lanjut, karang gigi dapat menyebabkan kerusakan pada gigi secara permanen. Untuk intensitas yang masih ringan, karang gigi bisa dibersihkan bahkan cukup menggunakan langkah sederhana saja dari rumah.

Tapi, jika sudah membandel, maka Anda bisa pergi ke spesialis gigi untuk berkonsultasi terkait cara membersihkannya, termasuk di Klinik Sengkang Medical Centre.

Jadi, sebelum plak pada gigi Anda mengeras dan memicu berbagai masalah sakit gigi, termasuk gigi berlubang; coba ikuti cara membersihkan karang gigi secara alami dan cepat pada ulasan berikut.

3 Penyebab Munculnya Karang Gigi

Sebelum melanjutkan pembahasan mengenai cara membersihkan karang gigi secara alami, Anda perlu paham mengenai penyebab munculnya karang gigi.

Proses terbentuknya karang gigi ialah karena adanya penumpukan sisa makanan dan tidak segera dibersihkan. Sehingga dalam jangka waktu lama tersebut kotoran atau sisa makanan semakin mengeras dan menjadi plak.

Rata-rata proses pembentukan karang gigi yang cukup keras ialah dalam kurun waktu 12 hari. Bisa lebih cepat dan lebih lambat tergantung dari masing-masing pH air liur.

Beberapa hal berikut secara umum menjadi pemicu munculnya karang pada gigi yang seringkali dialami banyak orang:

  1. Kurang menjaga kebersihan mulut dan gigi. Seperti tidak menyikat gigi sebelum tidur, jarang sikat gigi, dan sebagainya;
  2. Mempunyai kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula;
  3. Memiliki kebiasaan merokok.

7 Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Cara membersihkan karang gigi secara alami bisa dilakukan dari rumah saja, asalkan jenisnya masih ringan. Karang gigi yang masih ringan akan mudah rontok jika Anda mau melakukan hal-hal berikut secara rutin:

1. Sikat Gigi Secara Rutin

Menggosok gigi secara teratur merupakan salah satu langkah yang bisa membantu untuk membersihkan plak. Bersihkan dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur malam.

2. Gunakan Teknik yang Benar Saat Menyikat Gigi

Bukan hanya sekadar menyikat gigi dua kali sehari saja, namun juga melakukannya dengan teknik yang tepat. Lakukan gerakan memutar ke gigi bagian atas dan bawah. Pastikan juga tidak menyikat gigi terlalu keras, karena bisa merusak enamelnya.

3. Bersihkan dengan Benang

Cara lain membersihkan gigi adalah menggunakan benang. Cara ini tergolong lebih detail dan bisa menjangkau ke sela-sela gigi. Lakukan langkah ini minimal 1 kali sehari untuk gigi bersih maksimal.

4. Memakai Obat Kumur

Obat kumur mampu membantu untuk merontokkan kotoran dari sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Selain itu, obat kumur juga akan membantu untuk memberikan napas lebih segar. Meski demikian, hindari obat kumur yang menggunakan alkohol.

5. Bersihkan Memakai Baking Soda

Baking soda merupakan salah satu bahan yang bisa untuk membersihkan gigi secara alami, terutama dari plak. Selain itu, kandungan di dalamnya juga membantu untuk melindungi gigi dari kehilangan kalsium.

6. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kandungan bahan kimia di dalam rokok dapat memicu pembentukan karang gigi. Bukan hanya itu, mulut juga akan gampang bau dan gigi jadi berwarna kuning hingga hitam.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Akan membantu Anda untuk mencegah infeksi pada mulut. Dengan minum air putih yang cukup, tentunya produksi air liur juga akan banyak. Air liur sendiri memiliki peran untuk melembabkan dan meluruhkan sisa makanan.

Menariknya lagi air liur memiliki kandungan enzim untuk mencegah bakteri yang bisa menginfeksi mulut berkembang.

Selain itu, cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras secara alami bisa dengan rutin melakukan semua tahapan di atas. Karena sudah mengeras, tentu perontokannya membutuhkan proses.

Namun, Anda bisa membawanya ke dokter gigi untuk dibersihkan dengan tindakan medis.

Salah satu rekomendasi dokter gigi di Kota Sengkang adalah dokter gigi di Klinik Sengkang Medical Centre.  Anda bisa datang langsung atau Chat Langsung dengan dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 1 Juli 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.