metode-melahirkan

Artikel ditinjau oleh: dr. Fadiyah Ulfah Khalid

Ada berbagai pilihan metode melahirkan yang bisa ibu gunakan saat proses persalinan. Secara umum metode normal dan caesar merupakan yang sering dipilih untuk proses persalinan.

Namun seiring berjalannya waktu, jenis-jenis persalinan semakin berkembang dan bisa jadi bahan pertimbangan untuk ibu hamil. Sejatinya memilih metode persalinan apapun, tetap membutuhkan persiapan secara matang.

Tentu saja, bukan hanya sekadar pilihan personal. Tapi juga pertimbangan dari kondisi kehamilan si ibu. Hal ini perlu konsultasi dengan pihak medis terkait seperti dokter kandungan atau bidan. Anda bisa ke Klinik Sengkang Medical Centre dengan Layanan Kebidanan untuk Ibu dan Anak yang buka 24 jam.

7 Metode Melahirkan Lengkap dengan Kelebihan dan Kekurangan 

Ada beberapa metode persalinan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, tentunya dengan kisaran biaya melahirkan bervariasi. Bahkan ada juga metode melahirkan tanpa rasa sakit yang bisa dipilih.

Namun, semua harus dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Mulai dari kondisi kesehatan ibu dan bayi, hingga kondisi keuangan saat proses persalinan.

Nah, berikut adalah daftar metode persalinan yang bisa dipilih beserta kelebihan dan kekurangannya:

1. Metode Persalinan Normal

Persalinan normal merupakan salah satu yang diharapkan oleh sebagian besar ibu hamil. Namun, untuk melakukan proses persalinan normal ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan.

Selama proses melahirkan ibu harus bisa mengatur pernapasannya untuk melancarkan persalinan. Jenis persalinan normal dilakukan jika si ibu dan bayi dalam kondisi sehat serta tidak ada risiko yang terjadi.

2. Melahirkan Metode Eracs

Merupakan proses melahirkan metode caesar namun dengan pendekatan khusus, sehingga bisa mempersingkat proses perawatan. Jika operasi caesar terkenal dengan penyembuhan yang lama, menggunakan metode Eracs ini akan membantu pemulihan yang lebih cepat.

Kelebihan metode operasi Eracs dipilih karena meningkatkan kepuasan dan memberikan kenyamanan pada pasien. Selain itu, metode ini juga meminimalisir risiko komplikasi dan durasi rawat pasien.

Ibu jadi lebih cepat pulang ke rumah dan bisa bergerak lebih cepat. Proses operasi ini juga membantu mencegah mual dan nyeri yang lebih minim.

3. Metode Persalinan Gentle Birth

Proses persalinan ini menekankan pada si ibu untuk dibuat menjadi lebih tenang agar tidak merasakan sakit terlalu lama. Cara persalinan pada metode gentle birth ini dilakukan ketika proses normal maupun caesar.

4. Melahirkan dengan Operasi Caesar

Proses persalinan ini kerap menjadi pilihan selain metode normal. Operasinya dilakukan oleh dokter dengan membuat sayatan pada bagian perut, di antaranya rahim. Tujuannya, untuk menjadi jalan lahir si bayi.

Tentu tidak bisa sembarangan dilakukan, harus ada persetujuan dari dokter untuk melahirkan dengan proses tersebut. Karena biasanya ditempuh saat ada risiko jika melahirkan dengan cara normal.

Minusnya dari operasi ini adalah proses penyembuhan yang lumayan lama. Selain itu, operasi ini juga meninggalkan bekas luka dan sayatan yang susah hilang dari kulit.

5. Jenis Persalinan Hypnobirthing

Merupakan persalinan untuk melatih calon ibu dalam meraih relaksasi selama proses persalinan terjadi. Di antara jenis persalinan, proses ini membutuhkan pelatihan khusus hypnobirth yang tersertifikasi.

Nantinya pelatih akan mengajarkan Anda untuk menekan rasa sakit dan stres ketika proses persalinan. Tentunya proses persalinan ini dimaksudkan agar bisa memfokuskan kontrol atas tubuhnya sendiri.

6. Lotus Birth

Jenis persalinan yang membiarkan plasenta dan tali pusar terlepas dengan sendirinya. Normalnya tali pusar segera dipotong dari tubuh bayi setelah proses melahirkan, tapi tidak dengan Lotus Birth.

7. Melahirkan di Air

Proses ini diklaim memudahkan persalinan karena bisa meringankan rasa sakit saat kontraksi. Layaknya air hangat yang meredakan nyeri punggung atau perut. Tentu prosesnya dilakukan di rumah ahli yang sudah bersertifikat.

Sayangnya, di Indonesia masih jarang sekali ditemui metode melahirkan di dalam air hangat tersebut. Kalau Anda, ingin melahirkan dengan metode yang mana?

Apapun pilihannya, sangat disarankan untuk rutin memeriksakan kehamilan setiap sebulan sekali di fasilitas kesehatan terdekat; termasuk di Klinik Sengkang Medical Centre. Klinik Sengkang Medical Centre memiliki Layanan Kebidanan untuk Ibu dan Anak yang buka 24 jam.

***

Terakhir diperbarui: 17 September 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.