pantangan-makanan-penderita-maag

Artikel ditinjau oleh: dr. Rezki Fadhilla Sari

Pantangan makanan penderita maag tentu perlu dihindari agar sakitnya tidak sering kambuh. Sakit maag bisa saja terjadi saat penderita terlalu banyak mengonsumsi makanan dalam waktu singkat.

Bukan hanya itu, dampak stres berlebihan, mengonsumsi obat tertentu, hingga pola makan tidak sehat juga dapat memicu timbulnya penyakit maag. Makanya, orang yang menderita sakit maag tidak bisa sembarangan makan. Bahkan disarankan ada camilan untuk penderita maag supaya tidak memicu rasa sakitnya untuk kambuh lagi.

Nah, untuk memahami masalah ini lebih lanjut, yuk simak informasi lengkapnya di bawah!

Mengenal Apa Itu Penyakit Maag?

Sakit maag merupakan penyakit yang umum dan menyerang bagian sistem pencernaan manusia. Penyakit ini bisa dikategorikan ringan, tapi jika dibiarkan akan berdampak buruk pada kesehatan.

Sakit maag atau bisa disebut dengan dispepsia atau penyakit yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada bagian perut. Gejalanya ditandai dengan kembung dan perut terasa panas di bagian atas beberapa saat setelah makan.

Penyebab sakit maag sendiri beragam seperti tukak lambung, infeksi bakteri, hingga peradangan pada lambung. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh beberapa jenis obat-obatan yang dapat memicu sakit maag.

Perbedaan Maag dan Asam Lambung

Masyarakat umum sering kali memahami bahwa maag dan asam lambung adalah dua hal yang sama. Perlu dipahami bahwa keduanya memang hampir sama, tapi sebenarnya tidak.

Sakit maag terjadi saat lapisan yang melindungi bagian lambung mengalami penurunan kemampuan. Sehingga bisa membuat asam pencernaan menggerogoti jaringan bagian perut.

Sementara itu, asam lambung merupakan kodisi saat asam yang diproduksi untuk mencerna makanan naik sampai ke bagian kerongkongan. Kondisi seperti ini menyebabkan seseorang jadi tidak nyaman dan menyebabkan mulas.

Itulah kenapa saat asam lambung naik, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang memicu asam lambung naik. Pilihlah lauk pauk untuk penderita asam lambung yang aman, hindari makanan pedas, asam, dan junk food.

10 Daftar Pantangan Makanan Penderita Maag

Bagi penderita maag dan asam lambung tentu tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman. Mengingat salah satu penyebab dari sakit tersebut kambuh adalah aturan dan pola makan yang tidak tepat.

Ada beberapa makanan pantangan penderita maag dan asam lambung yang perlu dihindari. Berikut daftar makanan dan minuman yang jadi pantangan penderita maag maupun asam lambung.

1. Makanan Tinggi Lemak

Makanan tinggi lemak merupakan pantangan asam lambung dan maag yang harus diminimalisir.

Pasalnya, lemak yang berlebihan akan melemahkan otot di bagian kerongkongan bawah. Sehingga menyebabkan kerongkongan gampang terbuka dan memicu asam lambung naik. Hal ini tentu menyebabkan ketidaknyamanan pada penderitanya.

2. Minuman yang Mengandung Kafein

Bukan hanya kopi, tapi beberapa minuman lain seperti teh juga sebaiknya dihindari sementara waktu. Kandungan kafein bisa menyebabkan banyaknya sekresi asam pada lambung, sehingga memicu asam naik ke kerongkongan.

3. Soda atau Minuman Berkarbonasi

Minuman tersebut bisa memicu naiknya asam lambung dan menyebabkan perut kembung.

4. Makanan Asin

Mengonsumsi makanan asin dalam jumlah berlebihan bisa menyebabkan asam lambung naik. Apalagi disertai dengan pola makan yang buruk.

5. Makanan Pedas

Sudah bukan rahasia lagi, jika makanan pedas bisa memicu asam lambung naik. Hal ini terjadi karena kandungan zat capsaicin yang memperlambat sistem kerja pencernaan.

6. Buah Sitrus

Merupakan buah yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung dan maag karena mengandung vitamin C tinggi. Contohnya seperti jeruk nipis, lemon, dan lain sebagainya.

7. Alkohol

Sama dengan minuman bersoda dan mengandung kafein, alkohol juga dilarang untuk penderita maag maupun asam lambung.

8. Produk Olahan Susu

Beberapa produk olahan susu mengandung kadar lemak tinggi, sehingga bisa memicu asam lambung naik. Hindari konsumsi mentega, keju, dan sebagainya untuk sementara waktu.

9. Sayuran Bergas

Sayuran yang harus dihindari penderita maag seperti sawi, kobis, kol, nangka muda, kacang-kacangan karena mengandung gas.

10. Bawang

Baik bawang merah, putih, atau bombay sebaiknya dihindari karena bisa melemahkan otot bagian kerongkongan. Hal ini memicu asam lambung naik dan menyebabkan sering sendawa atau buang angin.

Nah, sudah tahu beberapa pantangan makanan penderita maag dan asam lambung? Yuk, mulai terapkan hidup lebih sehat dari memperbaiki pola dan konsumsi makanan yang masuk ke dalam tubuh!

Agar terhindar dari permasalahan sistem pencernaan, lengkapi pula kebutuhan vitamin dan suplemen Anda di Klinik Sengkang Medical Centre di sini. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter di klinik Sengkang Medical Centre atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 17 September 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.