penyebab-penyakit-ulu-hati

Artikel ditinjau oleh: dr. Andi Fikryah Muliana Ashariana, S.Ked

Penyakit ulu hati adalah nyeri pada bagian tengah atas perut yang disertai dengan mual atau perut kembung.

Masalah kesehatan ini biasanya disebabkan oleh adanya masalah di beberapa bagian organ pencernaan tertentu.

Untuk tahu lebih lanjut, yuk simak penjelasannya di sini!

Apa Itu Penyakit Ulu Hati?

Gangguan yang muncul di bagian epigastrium ini ternyata dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain. Walau terlihat sepele, tapi sakit di bagian epigastrium ini harus segera ditangani.

Mengingat kondisi nyeri di bagian ulu hati ini adalah sebuah gejala dari penyakit, sangat penting untuk mengadakan evaluasi lebih lanjut.

Gunanya untuk menentukan kemungkinan penyebab yang membuat timbulnya nyeri pada bagian ulu hati tersebut.

5 Penyebab Penyakit Ulu Hati

Rasa sakit, nyeri, panas, dan terbakar pada bagian dada sebelum atau sesudah makan di malam hari merupakan gejala dari penyakit di bagian ulu hati.

Terkadang timbul juga rasa nyeri pada bagian dada yang terasa berat saat berbaring dan membungkuk. Beberapa penyebab penyakit ulu hati antara lain:

Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan bagian lapisan dinding lambung atau sebagian dari usus kecil yang mengalami luka terbuka.

Keadaan tersebut terjadi saat zat asam dari saluran pencernaan merusak permukaan dalam lambung dan usus kecil. Zat asam tersebut dapat menimbulkan luka terbuka yang terasa menyakitkan.

Sindrom Iritasi Usus

Penyebab penyakit di ulu hati juga bisa disebabkan oleh sindrom iritasi usus besar.

Kondisi ini menimbulkan rasa kram perut kembung, sering kentut, disertai perubahan frekuensi buang air besar.

Pankreatitis

Pankreatitis merupakan peradangan pada bagian pankreas. Kondisi ini dapat menimbulkan sakit ulu hati.

Penyakit Kantong Empedu

Saat kantong empedu bermasalah, Anda akan merasakan sakit perut luar biasa secara tetap.

Kemudian disertai dengan demam, mual, muntah, gemetar, disertai dengan nyeri dada. Jadi sering juga penyakit di ulu hati disebabkan oleh kantong empedu yang bermasalah.

Kanker Lambung

Kanker lambung tidak hanya menimbulkan sakit di bagian ulu hati, tetapi juga dapat membuat penderitanya tidak dapat makan. Selain itu, penderita juga bisa saja mengalami muntah dan mengalami penurunan berat badan secara drastis.

Cara Mengatasi Penyakit Ulu Hati

Rasa sakit yang intens sering kali membuat penderitanya bertanya penyakit ulu hati apakah berbahaya atau tidak. Namun, jika tidak terlalu parah dan hanya terjadi satu atau dua kali, masih bisa diatasi dengan mudah di rumah.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit di bagian ulu hati secara mandiri, yakni antara lain:

• Minum Obat

Obat antasida dapat menetralkan asam lambung sekaligus mengurangi rasa sakit yang menekan di ulu hati titik-titik anda dapat meminum obat ini setidaknya 1 jam setelah makan dan ketika akan tidur. Terutama bagi penyakit ulu hati disebabkan oleh tukak lambung.

• Mengatur Pola Makan

Saat ulu hati terasa sakit, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang ringan dan sehat, misalnya buah-buahan dan sayur. Sementara itu hindari minuman beralkohol, mengandung kafein, dan makanan berat yang dapat mengiritasi perut.

Rekomendasi Obat Penyakit Ulu Hati

Pengobatan untuk nyeri ulu hati ini tergantung pada penyebab yang menimbulkan nyeri tersebut.

Jika nyeri di bagian ulu hati dinilai berkaitan dengan naiknya asam lambung, dokter dapat memberikan obat untuk menurunkan kadar asam lambung.

Namun, obat untuk gangguan kesehatan yang satu ini harus diperoleh setelah berkonsultasi dengan dokter. Jika dirasa tidak mengalami kemajuan Anda dapat berkonsultasi dengan spesialis penyakit dalam.

Beberapa obat nyeri di bagian ulu hati yang biasa diresepkan oleh dokter adalah:

Untuk mencegah timbul nyeri pada bagian tengah atas perut yang disertai dengan mual atau perut kembung, Anda sebaiknya jaga pola makan dan pola hidup. Akan tetapi, jika ulu hati terus menderita nyeri, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Anda bisa datang langsung di klinik Sengkang Medical Centre atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

Nah, itulah beberapa informasi penyakit ulu hati dan rekomendasi obat yang tersedia.

Intinya, jangan pernah menganggap remeh gangguan kesehatan yang satu ini sebab bisa jadi gangguan kesehatan ini merupakan salah satu tanda penyakit serius.

Lengkapi pula kebutuhan vitamin Anda agar sistem kekebalan tubuh dapat terjaga di Apotek Sengkang Medical Centre yang bisa dipesan melalui WhatsApp di sini.

Terakhir diperbarui: 7 Agustus 2022