Artikel ditinjau oleh: dr. Andi Fikryah Muliana Ashariana, S.Ked

Penyebab batuk pilek yang menyerang setiap orang berawal dari infeksi virus. Siapa saja bisa terserang batuk pilek, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Meski tidak membahayakan, tapi saat batuk dan pilek melanda pasti akan mengganggu aktivitas sehari-hari penderita. Apalagi jika hal ini terjadi pada si kecil, pasti akan membuat mereka lebih tidak nyaman.

5 Penyebab Batuk Pilek

Penyebab batuk pilek secara umum adalah karena infeksi virus yang menyerang. Seperti yang disebutkan diawal bahwa sapa saja bisa mengalami batuk pilek. Masalahnya, gangguan kesehatan ini bisa terjadi karena beberapa kondisi berikut ini:

1. Tubuh Kurang Istirahat

Kurang istirahat mengakibatkan tubuh mudah lelah. Saat tubuh lelah itulah, sistem imun menurun. Hal ini membuat tubuh rentan sakit, apalagi saat terjangkit virus yang bisa mengakibatkan batuk pilek.

2. Salah Minum Obat

Kesalahan dalam meminum obat juga bisa membuat tubuh bereaksi, salah satunya bisa menyebabkan batuk. Hal ini terjadi karena mungkin dosis obat yang tidak seharusnya diminum menjadi berlebihan.

Membuat jalan pernapasan lebih sempit dan bisa menjadi batuk. Oleh karenanya berhati-hati ketika mengkonsumsi obat cukup penting.

3. Adanya Penyakit Pendukung

Selain itu, batuk juga bisa terjadi karena adanya penyakit pendukung. Misalnya asma, TBC, GERD, dan sebagainya. Tentu untuk kasus ini, tidak bisa disepelekan. Butuh penanganan lebih lanjut agar bisa segera diobati.

4. Musim Pancaroba

Musim yang tidak menentu biasanya menyebabkan suhu dan kondisi udara buruk. Sehingga saat seperti itu, virus lebih rentan untuk berkembang dan menjangkit ke tubuh manusia.

5. Tubuh Kurang Cairan

Kekurangan cairan bisa membuat seseorang gampang dehidrasi. Kondisi ini juga bisa membuat penyakit batuk pilek tidak kunjung sembuh. Minum air putih yang cukup juga bisa membantu mempercepat penyembuhan.

Ciri-Ciri Batuk Pilek

Sering batuk pilek pada orang dewasa bisa menjadi tanda adanya infeksi virus yang menyerang. Gejala batuk pilek pasti akan membuat penderitanya jadi tidak nyaman.

Berikut ini beberapa ciri-ciri atau gejala batuk pilek yang paling umum terjadi. Dengan mengetahuinya tentu Anda bisa menguatkan sistem imun agar meningkat dan tidak jadi sakit.

  1. Badan terasa pegal-pegal atau tubuh terasa gampang lelah bisa jadi salah satu tanda Anda akan mengalami sakit flu. Gejala flu yang sering kali muncul adalah nyeri otot dan badan terasa pegal-pegal;
  2. Demam merupakan respon alami tubuh saat terjadi infeks karena memerangi virus;
  3. Sakit tenggorokan, biasanya di awal rasanya gatal dan ada sedikit sakit saat menelan;
  4. Hidung tersumbat, sebelum lendir mencair maka akan menyumbat bagian pernapasan dan hal ini membuat tidak nyaman;
  5. Sakit kepala yang terjadi akibat demam dan flu.

5 Cara Mengobati Batuk Pilek yang Tak Kunjung Sembuh

Cara menghilangkan batuk dan pilek secara alami bisa dilakukan sendiri di rumah. Salah satnya dengan memanfaatkan beberapa tanaman herbal di sekitar untuk obat batuk pilek

  1. Menghirup uap hangat, cara ini bisa membantu untuk mengencerkan lendir secara alami dan melemaskan hidung yang bengkak;
  2. Perbanyak minum air putih untuk membantu melegakan hidung tersumbat dan membantu tenggorokan lebih lembab;
  3. Konsumsi beberapa tanaman herbal yang bisa meringankan batuk pilek seperti jahe, daun mint, madu, kencur, dan garam;
  4. Gunakan pelembab udara seperti humidifier (alat pelembab udara) agar pilek lebih alami;
  5. Perbanyak makanan yang mengandung vitamin C untuk meningkatkan sistem imun.

Demikianlah beberapa informasi terkait penyebab batuk pilek dan cara mengobatinya secara alami. Pastikan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar tidak mudah terjangkit penyakit.

Salah satu cara menjaga sistem kekebalan tubuh adalah dengan rutin mengonsumsi vitamin. Untuk berbagai vitamin, Anda bisa mendapatkannya di Klinik Sengkang Medical Centre. Bisa datang langsung atau beli online di sini.

***

Terakhir diperbarui: 17 September 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.