Dextrose 10%

Rp11.000

Apa Itu Dextrose ?

Dextrose adalah bentuk senyawa gula yang secara alami diproduksi oleh hati. Dextrose merupakan sumber energi yang dibutuhkan oleh sel tubuh untuk bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Golongan: Obat keras 

Kategori: Cairan

Manfaat Dextrose :

cairan infus untuk mengatasi hipoglikemia atau kondisi kadar gula darah terlalu rendah. Obat ini juga digunakan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan gula dan cairan pada pasien dengan kondisi medis tertentu.

Bisa digunakan oleh: Dewasa dan Anak

Bentuk obat: Cairan

Stok 22

Kategori:

Deskripsi

Dosis dan Aturan Pakai Dextrose:

Dextrose infus tersedia dalam bentuk cairan dengan kadar 2,5%, 5%, 10%, 20%, 30%, 50%, dan 70% dengan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Dosis dextrose akan ditentukan oleh dokter sesuai kondisi pasien.

Secara umum, berikut ini adalah dextrose untuk orang dewasa dan anak-anak untuk mengatasi hipoglikemia:

  • Dewasa: 10–25 gram yang setara dengan 40–100 mL larutan dextrose 25% atau 20–50 mL larutan 50%, diberikan melalui infus ke pembuluh darah vena besar. Pemberian dextrose dapat diulangi pada kondisi hipoglikemia yang parah.
  • Anak-anak: 0,25–0,5 g/kgBB per hari untuk balita <6 bulan, dengan dosis maksimal 25 gram per satu kali pemberian. Untuk balita usia >6 bulan dosisnya adalah 0,5–1 g/kgBB dengan dosis maksimal 25 gram per 1 kali dosis.

Dosis dextrose untuk mengatasi kekurangan cairan dan gula akibat kondisi medis tertentu akan ditentukan oleh dokter sesuai kondisi pasien. Biasanya, dextrose yang akan digunakan adalah dextrose 5% dan diberikan melalui infus ke pembuluh darah vena kecil.

Cara Menggunakan Dextrose dengan Benar

Dextrose akan diberikan langsung oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter di rumah sakit. Dextrose akan disuntikkan ke pembuluh darah secara langsung atau melalui cairan infus.

Ikuti anjuran dan saran yang diberikan oleh dokter selama menjalani pengobatan dengan dextrose. Dokter juga akan memeriksa kadar gula darah pasien secara berkala.

  • Beri tahu dokter jika Anda sedang atau pernah menderita diabetes, hiperglikemia, cedera kepala berat, malnutrisi berat, penyakit infeksi, gagal ginjal, edema, atau gangguan elektrolit, termasuk hipokalemia.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi, efek samping yang serius, atau overdosis setelah menggunakan dextrose.

Efek Samping dan Bahaya Dextrose

Efek samping umum yang mungkin muncul setelah menggunakan dextrose adalah nyeri dan iritasi pada area suntikan.

Pada beberapa kondisi, penggunaan dextrose juga bisa menyebabkan terjadinya hiperglikemia, yang bisa ditandai dengan gejala tertentu, seperti napas berbau buah, haus yang terus menerus, mual, muntah, lelah tanpa sebab, sering buang air kecil.

Laporkan ke dokter jika Anda mengalami keluhan dan gejala di atas. Anda juga perlu segera memberi tahu dokter jika mengalami reaksi alergi atau efek samping yang leih serius, seperti:

  • Ketidakseimbangan kadar elektrolit, yang bisa ditandai dengan gejala tertentu, seperti nyeri otot, lemas, perubahan suasana hati, detak jantung tidak teratur, sulit buang air kecil, mulut kering, mata kering, muntah, atau sakit perut yang berat
  • Gangguan penglihatan, hilang koordinasi dan keseimbangan, atau gangguan bicara, yang tiba-tiba
  • Sulit bernapas, berat badan yang naik drastis dan mendadak, bengkak di kaki dan tangan
  • Sakit kepala, pusing yang sangat berat, atau pingsan
  • Demam, menggigil, atau bibir dan kuku jari membiru
Reviews

There are no reviews yet.

Reviews
Be the first to review “Dextrose 10%”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.