sakit-punggung-bawah-pada-wanita

Artikel ditinjau oleh: dr. Fadiyah Ulfah Khalid

Apa yang harus dilakukan saat seorang wanita mengalami sakit punggung bawah berkepanjangan? Faktanya, nyeri di bagian punggung bawah sering terjadi dan dialami oleh orang-orang secara umum. 

Terkadang rasa nyeri juga terasa sampai ke bagian bokong, paha, bahkan beberapa ada yang sampai kaki. Tentu rasa nyeri yang berkepanjangan akan menyebabkan aktivitas menjadi terganggu.

Apa Itu Sakit Punggung Bawah?

Sakit punggung bagian bawah adalah rasa nyeri yang terasa di bagian pinggang atau tulang punggung. Bagian pungung bawah manusia terususun dari ligamen, otot, dan tulang punggung.

Struktur bagian tersebut memiliki peranan penting dalam menopang tubuh saat posisi berdiri maupun bergerak ke berbagai arah. Selain itu, di bagian punggung bawah juga terdapat berbagai saraf untuk mengatur pergerakan.

Saraf tersebutlah yang menangkap rasa nyeri akibat gangguan pada bagian punggung bawah.

Penyebab Sakit Punggung Bawah

Ada berbagai penyebab bagian punggung bawah menjadi sakit. Sering kali nyeri punggung bawah pada wanita terjadi saat masa kehamilan atau bisa disebut sciatica.

Penyebab sakit punggung pada wanita hamil adalah karena adanya saraf terjepit di bagian puggung bawah. Kondisi ini sering kali terjadi karena bagian piringan sendi menonjol ke tulang belakang. Hasilnya, terjadi penekanan saraf yang membuat rasa nyeri tidak nyaman di bagian punggung bawah wanita.

Bukan hanya itu, penyebab sakit punggung juga bisa terjadi karena hal lain. Misalnya saat dismenore atau nyeri saat haid, adanya kelainan pada rahim, permasalahan pada tulang ekor, dan sebagainya.

Tanda-Tanda Sakit Punggung Bawah

Tingkat rasa nyeri yang dirasakan setiap penderita tidaklah sama. Ada yang merasakan nyeri ringan hingga skala berat. Namun secara umum, berikut ini beberapa gejala nyeri punggung di bagian bawah yang sering dirasakan.

  1. Nyeri bisa terasa hanya di bagian punggung saja atau bahkan sampai menjalar ke bagian tubuh lain, misalnya paha, bokong, hingga kaki;
  2. Rasa nyeri terasa seperti ditusuk-tusuk jarum;
  3. Rasa nyeri akan muncul di posisi tertentu ketika sedang duduk dan berjalan, kadang membaik saat berdiri atau berbaring;
  4. Nyeri yang disertai dengan kedutan pada bagian ototnya;
  5. Nyeri punggung yang kumat dan semakin berat saat mengangkat benda berat.

Cara Mengatasi Sakit Punggung Bawah

Nyeri di bagian punggung bisa mengganggu aktivitas penderita. Berikut cara mengatasi sakit punggung bawah secara alami yang bisa dilakukan sendiri:

  1. Gunakan kompres panas atau dingin untuk membantu meringankan rasa nyeri dan membantu meredakan peradangan pada bagian yang sakit;
  2. Lakukan peregangan secara perlahan selama maksimal 30 detik setiap sesi, posisikan diri senyaman mungkin;
  3. Latihan menggerakkan otot bagian punggung bawah untuk mengendurkan yang kaku. Bisa dilakukan dengan jalan santai atau yoga yang dipercaya bisa melepaskan hormon endorfin;
  4. Jaga postur tubuh dan perbaiki posisi saat tidur, duduk, dan melakukan aktivitas monoton dalam kurun waktu lama;
  5. Saat masa penyembuhan hindari mengangkat beban berat dan aktivitas penuh gerak agar rasa sakit tidak semakin parah;
  6. Bisa juga dibantu dengan beberapa jenis obat sakit punggung bawah untuk meredakan nyeri.  Anda bisa berkonsultasi langsung dengan apoteker di Apotek Kurnia di Klinik Sengkang Medical Centre untuk memastikan obat dan dosis yang cocok.

Itulah beberapa informasi terkait cara mengatasi sakit punggung bawah yang bisa Anda lakukan. Rasa nyeri yang tidak tertahankan justru bisa menyebabkan menjadi kurang nyaman.

Maka dari itu, jika Anda mengalami hal ini, segeralah berkonsultasi dengan dokter di Sengkang Medical Centre yang siap melayani Anda setiap hari. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di klinik Sengkang Medical Centre atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 17 September 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.