gejala-stroke-ringan

Artikel ditinjau oleh: dr. Andi Fikryah Muliana Ashariana, S.Ked

Ada beberapa pertolongan pertama pada gejala stroke ringan yang bisa dilakukan oleh orang di sekitar penderita. Tapi, perlu dipahami dulu bahwa stroke merupakan penyakit yang menyerang bagian saraf otak dan dampak buruknya bisa sampai mengalami kematian.

Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui gejala stroke ringan seperti apa dan bagaimana cara mengatasinya. Dengan begini, Anda bisa lebih waspada saat masalah kesehatan ini terjadi.

Apa Itu Stroke Ringan?

Gejala stroke ringan seperti apa penyebabnya? Stroke ringan adalah kondisi saat suplai darah ke otak terhalang karena adanya penyumbatan di bagian pembuluh darah.

Walaupun berlangsung dalam waktu singkat dan tidak menimbulkan kerusakan secara permanen, tapi masalah ini harus diwaspadai. Pasalnya, kondisi ini merupakan sinyal bahwa seseorang bisa mengalami stroke lebih parah di kemudian hari.

Penyebab stroke ringan secara umum sama dengan stroke berat, yakni akibat kekurangan suplai darah ke otak. Hanya saja yang membedakannya adalah kondisi stroke ringan terjadi dalam waktu sebentar dan bisa normal kembali.

Berbagai penyebab stroke bisa terjadi dan menyerang tubuh seseorang antara lain sebagai berikut:

1. Gaya hidup yang tidak sehat;
  2. Kondisi penyakit tertentu;
  3. Kondisi usia yang sudah tua lebih berisiko;
  4. Adanya gen atau keturunan.

7 Gejala Stroke Ringan

Gejala stroke ringan yang terjadi bisa bervariasi tergantung dari bagian otak yang mengalami penyumbatan. Beberapa gejala yang umum terjadi ketika mengalami stroke ringan adalah sebagai berikut:

1. Pusing dan kehilangan keseimbangan secara mendadak;
  2. Merasakan kelemahan pada otot dan mati rasa terutama pada bagian lengan, kaki, bahkan wajah;
  3. Kesulitan dalam memahami perkataan orang lain;
  4. Terjadi gangguan pada penglihatan baik di satu atau kedua mata;
  5. Sulit berbicara dengan jelas bahkan bisa tidak dapat berbicara sama sekali;
  6. Mengalami sakit kepala yang cukup parah dan tidak diketahui penyebabnya secara pasti;
  7. Mual hingga muntah;
  8. Sulit menelan makanan atau minuman.

Cara Mengobati Stroke Ringan

Saat mengalami stroke ringan, tentu pertolongan pertama adalah ke dokter. Tidak bisa hanya dengan membeli obat gejala stroke ringan di apotek saja. Perlu tindak lanjut lebih agar bisa segera pulih dan tidak menyebabkan kondisi lebih parah.

Sering kali dokter akan menyarankan untuk melakukan terapi pasca stroke ringan terjadi. Tujuannya, sebagai bagian dari proses pemulihan agar bisa kembali sehat seperti semula. Namun demikian, Anda perlu mengimbanginya dengan beberapa cara sebagai berikut:

1. Melakukan Perubahan Gaya Hidup Sehat

Tentu penyebab stroke salah satunya adalah penerapan perilaku hidup yang buruk. Dengan cara mengubah pola hidup tersebut, Anda bisa menjadi lebih sehat dan akan membantu secara berkala proses penyembuhan.

2. Mengonsumsi Obat Sesuai Anjuran

Konsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter yang menangani penyembuhan Anda. Jangan meminum obat sembarangan sebab kondisi stroke bukan penyakit ringan melainkan vital.

3. Operasi

Jalur operasi juga bisa ditempuh untuk melakukan penyembuhan stroke ringan dalam diri penderita. Ada pertimbangan tersendiri saat memilih operasi sebagai salah satu cara penyembuhan.

4. Angioplasti

Prosedur ini dilakukan dengan cara memakai alat semacam balon untuk membuka arteri yang tersumbat. Kemudian meletakkan alat stenting di bagian dalam arteri agar tetap terbuka.

5. Terapi Penunjang Lainnya

Penderita stroke ringan akan disarankan untuk melakukan terapi fisik, wicara, hingga psikologi. Hal ini dilakukan agar anggota tubuh bisa kembali normal secara berkala.

Demikian beberapa informasi tentang gejala stroke ringan yang perlu diwaspadai. Pemberian pertolongan pertama yang tepat akan membantu proses pemulihan lebih cepat dan mudah.

Segera konsultasikan masalah kesehatan Anda dengan dokter di Klinik Sengkang Medical Centre. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter di klinik Sengkang Medical Centre atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

Terakhir diperbarui: 17 September 2022