cara-mencegah-gigi-berlubang

Artikel ditinjau oleh: drg. Sri Hardiyanti

Gigi berlubang merupakan salah satu penyebab timbulnya rasa sakit yang tidak tertahankan. Lalu, bagaimana cara mencegah gigi berlubang?

Salah satunya adalah menjaga kebersihan dan kesehatan mulut.

Kondisi gigi bisa rusak akibat enamel gigi terkikis. Sehingga menyebabkan lubang secara berkala. Gigi berlubang bisa terjadi pada anak-anak maupun dewasa.

Di awal, gejala gigi berlubang tidak akan menimbulkan sakit atau nyeri.

Namun jika tidak segera diatasi, maka bisa menimbulkan berbagai risiko yang lebih besar. Jadi, mulai periksakan gigi Anda secara berkala ke spesialis dokter gigi.

3 Penyebab Gigi Berlubang

Ada berbagai penyebab gigi berlubang yang sering terjadi. Mulai dari kebiasaan sehari-hari sampai pada kondisi serius. Beberapa faktor penyebabnya antara lain sebagai berikut:

1. Sikat Gigi Tidak Teratur

Jarang menyikat gigi juga bisa menyebabkan masalah, salah satunya gigi jadi berlubang. Sehingga penting untuk membersihkan gigi setelah makan, sebelum tidur dan jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan mengandung gula.

2. Faktor Usia

Lansia dan anak-anak merupakan golongan yang rentan dengan risiko gigi berlubang. Proses metabolisme tubuh pada lansia cenderung menurun, sehingga akan sering mengalami permasalahan kesehatan, termasuk gigi berlubang.

3. Penyakit Tertentu

Orang-orang dengan kondisi penyakit tertentu seperti GERD, mengalami risiko gigi berlubang lebih besar. Pasalnya, asam lambung sering naik dan lama-lama bisa menyebabkan permukaan gigi terkikis.

5 Cara Mencegah Gigi Berlubang

Ada beberapa cara mencegah gigi berlubang secara alami yang bisa Anda lakukan dari rumah saja:

1. Gosok Gigi Secara Teratur dan Tepat

Menggosok gigi secara rutin, yakni dua kali sehari selama 2 menit. Lakukan sehabis sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Pastikan juga tidak langsung menyikat gigi apabila habis mengkonsumsi makanan asam.

Jadi, bisa menunggu kira-kira 30 menitan untuk kemudian menggosok gigi. Selain memakai sikat gigi, disarankan juga memakai benang minimal 1 kali sehari. Fungsinya untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang sulit terjangkau sikat gigi.

2. Memakai Obat Kumur

Memakai obat kumur juga bisa membantu membersihkan mulut, terutama pada sela-sela gigi. Gunakan obat kumur setidaknya satu kali dalam sehari yang juga bisa mencegah pembentukan plak.

3. Memilih Pasta Gigi yang Mengandung Flouride

Gunakan pasta gigi yang mengandung flouride untuk menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Kandungan flouride bisa membantu untuk menguatkan enamel gigi sehingga tahan dengan asam.

4. Membatasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Selain melakukan beberapa cara, Anda juga perlu meminimalisir makanan yang dikonsumsi. Batasi konsumsi makanan atau minuman manis karena sisa-sisa makanan yang menempel akan lebih cepat merusak gigi.

5. Memperbanyak Konsumsi Vitamin D

Manfaat vitamin D penting untuk membangun pertumbuhan tulang dan gigi. Sebagai langkah pencegahan, Anda bisa mengkonsumsi vitamin D, sehingga nutrisi yang masuk bisa memenuhi kebutuhan tubuh, terutama tulang dan gigi.

Tips Menghindari Gigi Berlubang

Anda juga bisa menerapakan cara mencegah sakit gigi berlubang melalui tindakan medis. Memeriksakan diri ke dokter gigi secara rutin setiap 6 bulan sekali akan membantu mencegah kerusakan yang terjadi pada gigi.

Saat melakukan kunjungan, dokter gigi akan memberikan beberapa perawatan antara lain sebagai berikut:

  1. Fissure sealant merupakan proses mengoleskan bahan khusus dengan bahan resin ke permukaan kunyah gigi belakang;
  2. Perawatan antibakteri, biasanya dokter akan meminta Anda berkumur menggunakan obat antibakteri yang diresepkan;
  3. Pemberian flouride tambahan menggunakan alat khusus.

Nah, itulah beberapa cara mencegah gigi berlubang baik secara alami atau medis. Yang terpenting adalah bagaimana merawat gigi tetap sehat dan meminimalisir kerusakan.

Untuk mencegah gigi berlubang, ada baiknya jika Anda rutin berkonsultasi dengan dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali.

Anda bisa konsultasi dengan dokter gigi di Klinik Sengkang Medical Centre dengan datang langsung atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

***

Terakhir diperbarui: 1 Juli 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.