makanan-untuk-kesehatan-jantung

Artikel ditinjau: dr. Andi Fikryah Muliana Ashariana, S.Ked

Ada beberapa makanan untuk kesehatan jantung yang baik untuk dikonsumsi. Mengingat salah satu penyebab penyakit jantung adalah dari pola makan dan cara hidup yang tidak sehat.

Penumpukan plak di bagian arteri menyebabkan penyumbatan. Sehingga menghambat suplai darah dari atau ke jantung. Kurangnya aliran darah ke atau dari jantung inilah yang memicu penyakit.

Gejala penyakit jantung seringkali disertai dengan nyeri dada hingga sesak napas. Lebih parahnya dapat mengancam nyawa penderita. Makanya, penting menjaga kesehatan organ jantung sejak dini terutama menghindari pantangan makanan penyakit jantung.

Mengapa Makanan Berpengaruh pada Kesehatan Jantung

Penyakit jantung termasuk dalam kategori penyebab kematian tertinggi di dunia. Salah satu cara melakukan pencegahannya ialah dengan mengatur pola makan sehari-hari.

Pasalnya berkaitan dengan kadar kolestrol dalam darah yang tidak seimbang bisa menyebabkan risiko penyakit jantung. Jumlah kalori, garam, dan lemak jenuh berlebihan inilah yang meningkatkan kadar kolestrol dan meningkatkan tekanan darah.

Oleh karenanya mulai konsumsi makanan bergizi dan atur pola makan secara lebih sehat. Ada beberapa makanan untuk kesehatan jantung yang bisa dikonsumsi sehingga memperbaiki tekanan darah dan kadar kolestrol dalam tubuh.

Selain itu, makanan apa yang harus dihindari penyakit jantung? Pastinya yang terdapat banyak kandungan garam, lemak jenuh, dan kalori.

7 Makanan yang Dilarang untuk Penyakit Jantung dan Alasannya

Penyakit jantung tidak bisa disembuhkan, namun dapat dikendalikan dengan pengobatan. Selain itu, mengatur pola makan juga penting untuk penderita jantung. Ada beberapa makanan untuk kesehatan jantung yang sebaiknya dihindari.

Karena jika mengkonsumsinya bisa memicu risiko lebih tinggi. Bukan hanya pasien penderita saja, namun orang normal juga perlu mengurangi konsumsi makanan tersebut, karena bisa berisiko juga.

1. Makanan Tinggi Lemak dan Kolestrol

Pantangan paling umum untuk penderita jantung adalah makanan berlemak tinggi. Pasalnya bisa menyumbat saluran pembuluh darah. Aliran darah yang tidak lancar jika dibiarkan bisa menyebabkan stroke.

Plak atau penyumbat pada saluran pembuluh darah disebabkan karena konsumsi makanan berlemak tinggi. Jika pasien penderita kardiovaskuler mengkonsumi makanan tinggi lemak, maka risiko penyakit akan lebih besar.

Contoh makanan dengan lemak dan kolestrol tinggi seperti lemak/gajih pada kuah bakso, makanan yang digoreng, bagian kulit ayam, dan banyak lagi lainnya.

2. Daging Olahan

Protein hewani memang dibutuhkan tubuh, namun bukan yang berasal dari daging olahan. Misalnya sosis, kornet, daging asap, dan sebagainya. Kenapa? Karena kandungan nutrisinya sudah berkurang bahkan ada tambahan bahan pengawet.

Selain itu kandungan lain yang sering ditambahkan pada daging olahan ialah nitrit dan garam. Sehingga daging olahan menjadi makanan yang perlu dihindari.

3. Makanan Asin

Makanan yang dilarang untuk penyakit jantung bengkak adalah yang mengandung kadar garam tinggi. Misalnya camilan asin makaroni, keripik kentang, keripik tempe, dan sebagainya.

4. Makanan dengan Lemak Trans Tinggi

Termasuk makanan yang dilarang untuk penyakit jantung lemah. Pasalnya dikhawatirkan bisa memicu kandungan kolestrol dalam darah naik. Makanan dengan lemak trans tinggi seperti mayonaise dan margarin.

5. Makanan dengan Tinggi Gula

Jumah asupan kalori dalam tubuh perlu dikontrol. Jika banyak kalori yang tidak berguna di dalam tubuh bisa menumpuk menjadi lemak. Sehingga menyebabkan seseorang berisiko terkena penyakit jantung.

6. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji juga menjadi pantangan bagi penderita jantung bengkak. Lemak jenuh di dalamnya bisa meningkatkan risiko obesitas, diabetes, hipertensi, dan hiperlidemia lebih tinggi.

7. Minuman Beralkohol dan Bersoda

Sudah bukan rahasia umum jika minuman alkohol dan soda bukan rekomendasi untuk dikonsumsi dalam menjalani pola hidup sehat. Kedua minuman ini tidak memberikan manfaat secara kesehatan, hanya sebatas kenikmatan saja.

Beberapa pantangan makanan untuk kesehatan jantung perlu dihindari, baik untuk si penderita atau yang masih sehat untuk pencegahan. Siapa saja berisiko terkena penyakit jantung jika tidak menerapkan pola hidup sehat. Jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan,

Anda bisa memeriksakan diri di Klinik Sengkang Medical Centre dan berkonsultasi langsung dengan dokter. Anda bisa dengan datang langsung ke klinik atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

Terakhir diperbarui: 15 Oktober 2022