cara-menyembuhkan-batuk-pilek

Artikel ditinjau oleh: dr. Fadiyah Ulfah Khalid

Cara menyembuhkan batuk pilek bisa melakukan cukup dari rumah saja. Batuk pilek sendiri merupakan penyakit yang umum menyerang siapapun, terlebih ketika kondisi cuaca sedang ekstrem.

Ketika pilek, hidung cenderung seperti tersumbat. Hal ini sangat mengganggu sekali, apalagi ketika hendak tidur. Begitu juga dengan batuk yang menyertai, pasti tidak nyaman saat melakukan aktivitas.

Mengapa Batuk Pilek Bisa Terjadi?

Pada sebagian kasus, batuk pilek terjadi karena infeksi virus yang masuk ke dalam tubuh lewat mulut, hidung, bahkan mata. Jadi virus bisa menyebar ketika percikan air liur orang yang sakit batuk pilek tidak segaja masuk ke tubuh Anda.

Batuk pilek bukan terjadi karena penderita terekspos udara dingin/bahkan kehujanan. Penyebab utama dari terjadinya batuk pilek adalah virus yang masuk ke dalam tubuh.

Proses penyebarannya sendiri bisa terjadi saat Anda berinteraksi langsung dengan orang yang sakit batuk pilek, misalnya di tempat umum.

Faktor Risiko Batuk Pilek

Faktor risiko batuk pilek yang bisa membuat seseorang mengalaminya, antara lain sebagai berikut:

  1. Kebiasaan merokok;
  2. Kurang tidur, sehingga daya tahan tubuh melemah;
  3. Berada pada lingkungan yang banyak mengidap batuk pilek;
  4. Anak-anak yang berumur kurang dari 6 tahun mempunyai risiko lebih tinggi ketimbang orang dewasa;
  5. Orang-orang yang mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah, misalnya yang mempunyai penyakit kronis;
  6. Faktor cuaca ekstrem, yang menyebabkan seseorang lebih rentan terserang virus jika kekebalan tubuh tidak kuat;
  7. Kelembapan yang rendah dan bisa menyebabkan saluran hidung menjadi kering, sehingga rentan terserang virus penyebab flu dan batuk.

5 Cara Menyembuhkan Batuk Pilek

Kapan batuk pilek sembuh? Terkait hal tersebut, jawabannya adalah tergantung dari kondisi masing-masing si penderita. Jika sistem imunnya terus meningkat, maka akan segera sembuh, dan sebaliknya.

Meski demikian, tidak perlu khawatir. Berikut ini adalah beberapa cara menyembuhkan batuk pilek dengan cepat yang bisa Anda terapkan ketika penyakit tersebut menyerang.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Anda bisa memperbanyak cairan dalam tubuh dengan minum air putih yang cukup. Saat flu dan batuk, virus akan melakukan produksi lendir lebih banyak. Sehingga bisa membuat dahak keluar melalui hidung atau mulut saat batuk.

Minumlah air putih hangat untuk membantu mengencerkan lendir yang mengental. Kemudian barengi juga dengan istirahat yang cukup, sehingga daya tahan tubuh akan kembali optimal.

2. Mengonsumsi Obat Batuk Alami

Tidak selalu menggunakan obat kimia. Anda bisa memakai obat batuk alami yang ada seperti teh madu dan irisan lemon. Seduhan kecur, jahe, dan serai juga bisa membantu melegakan tenggorokan.

3. Menjaga Kelembapan dan Kebersihan Udara

Udara yang kering dan kotor dapat memicu terjadinya alergi dan salah satu reaksinya bisa batuk. Pastikan ruangan yang sering Anda tempati memiliki sirkulasi udara yang cukup dan penyinaran tepat.

Tapi, tetap perhatikan partikel-partikel kotor yang masuk ke ruangan. Jika ruangan kotor, segera bersihkan sebab bisa jadi partikel kotor itulah yang akan membawa virus masuk ke dalam tubuh Anda.

4. Hentikan Merokok

Kebiasaan merokok memang tidak bisa begitu saja dihentikan. Namun saat Anda mengalami batuk dan flu, cobalah mencari cara untuk berhenti dari kebiasaan tersebut. Sehingga batuk tidak menjadi semakin parah.

5. Berendam Air Hangat

Uap dari air hangat saat mandi akan membantu meringankan efek dari adanya lendir yang menyumbat pada hidung.

Cara menyembuhkan batuk pilek dalam semalam bisa dengan melakukan 5 hal tersebut. Ketika pagi hari, bukan tidak mungkin Anda akan merasakan efek yang lebih reda. Jadi, selamat mencoba cara ini!

Rekomendasi Obat untuk Batuk Pilek

Nah, selain melakukan beberapa kiat-kiat di atas, batuk pilek bisa diatasi dengan meminum obat batuk pilek. Obat berbahan alami juga tidak kalah manjur. Lantas, apa obat alami untuk batuk pilek?

  1. Madu;
  2. Jahe;
  3. Bawang putih;
  4. Teh herbal;
  5. Kencur;
  6. Air garam dan jeruk nipis;
  7. Serai

Cobalah untuk meramu bahan alami tersebut untuk mengobati batuk pilek Anda. Namun, jika tidak kunjung sembuh, mungkin memang virus sudah menyebar lebih dalam ke tubuh dan perlu berkonsultasi dengan dokter.

Untuk berkonsultasi dengan dokter, Anda bisa datang langsung di klinik Sengkang Medical Centre atau Chat Langsung dengan Dokter melalui WhatsApp di sini!

Nah, itulah beberapa informasi terkait cara menyembuhkan batuk pilek dengan cepat dan rekomendasi obat alami yang bisa Anda coba.

Intinya, jangan pernah menganggap remeh gangguan kesehatan yang satu ini sebab bisa jadi batuk pilek ini merupakan salah satu tanda penyakit serius.

Lengkapi pula kebutuhan vitamin Anda agar sistem kekebalan tubuh dapat terjaga di Apotek Sengkang Medical Centre yang bisa dipesan melalui WhatsApp di sini.

***

Terakhir diperbarui: 30 Juni 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.