makanan-untuk-memulihkan-stamina-setelah-sakit

Artikel ditinjau oleh: dr. Rezki Fadhilla Sari 

Salah satu cara memulihkan stamina setelah sakit adalah dengan mengonsumsi makanan tertentu. Setelah sakit, tubuh memang tidak bisa sepenuhnya bisa langsung pulih 100%.

Pasalnya masih dalam masa pemulihan atau adaptasi sehingga bisa kembali melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karenanya Anda perlu mengembalikan energi setelah sakit untuk membuat tubuh sehat seperti sedia kala.

Mengapa Tubuh Butuh Asupan Setelah Sakit?

Masa pemulihan setelah sakit disebut recovery. Tubuh pasca sakit memang tidak langsung pulih seperti saat sehat. Butuh waktu secara bertahap untuk melakukan pemulihan.

Kadang badan lemas setelah sakit sering dialami saat proses penyembuhan. Itulah kenapa perlu dibantu dengan asupan nutrisi yang cukup. Sehingga bisa membangun kembali sistem imun yang rusak ketika sakit berlangsung.

Selain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi tinggi, melakukan meditasi atau yoga juga membantu pemulihan lebih cepat. Jika dilakukan secara konsisten akan membantu meminimalisir stres, sehingga stamina dan imun meningkat.

Anda juga disarankan untuk mengonsumsi air putih yang cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pastikan juga tetap menjaga pola tidur berkualitas, sehingga pemulihan bisa lebih cepat.

7 Makanan Lokal Lengkap untuk Memulihkan Stamina Setelah Sakit

Mengonsumsi nutrisi yang cukup sehabis sakit akan membantu proses pemulihan lebih cepat. Ada beberapa jenis makanan untuk memulihkan stamina setelah sakit yang bisa Anda konsumsi, berikut daftarnya.

1. Konsumsi Buah-Buahan

Vitamin dan mineral yang terkandung di dalam buah-buahan akan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh yang berkurang selama sakit. Dengan begitu sistem imun akan lebih meningkat dan kembali sehat seperti semula.

Dalam mengonsumsi buah-buahan perhatikan juga kondisi sakit yang diderita. Misalnya sakit maag, maka hindari mengonsumsi jenis buah sitrus atau yang terlalu asam.

Jadi sesuaikan dengan kondisi saat itu. Untuk buah yang bisa dikonsumsi setelah mengalami sakit pencernaan misalnya alpukat, pepaya, dan sebagainya. Selain itu vitamin untuk masa penyembuhan setelah sakit juga bisa dari jenis buah lain.

2. Konsumsi Sayuran Hijau

Kandungan nutrisi di dalam sayuran hijau mempunyai efek peradangan serta membantu menigkatkan kekebalan tubuh. Sehingga membantu mempercepat proses penyembuhan luka jika terjadi.

Selain itu kandungan antioksidan di dalamnya mempunyai sifat anti-inflamasi yang juga berperan mendukung kekebalan tubuh meningkat. Sayuran hijau ini bisa berupa sawi, bayam, kangkung, dan lain sebagainya.

3. Telur

Protein pada telur dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu di dalam telur juga terkandung vitamin A, B12, zat besi, hingga selenium.

Bagi pasien pasca operasi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi telur atau makanan berprotein tinggi agar luka cepat pulih.

4. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Vitamin E yang terkandung dalam kacang-kacangan dan biji-bijian membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Kandungan vitamin E dalam kacang-kacangan bisa Anda dapatkan dari almond, walnut, biji bunga matahari, biji rami, dan sebagainya.

5. Ubi Jalar

Tubuh juga membutuhkan energi dari karbohidrat untuk proses penyembuhan. Ubi jalar mengandung karbohidrat sebagai energi untuk proses pemulihan. Selain itu kandungan di dalam ubi jalar juga komplit.

Seperti mangan, vitamin, karotenoid, anti-inflamasi, dan berbagai kandungan nutrisi penting untuk tubuh.

6. Ikan

Ikan mengandung protein yang tinggi. Selain itu juga lemak omega-3 yang bisa membantu proses penyembuhan luka lebih cepat. Dapat juga untuk mengurangi efek peradangan ketika dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

7. Madu

Kandungan di dalam madu bisa membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsi madu murni yang banyak tersedia di apotek terdekat.

Demikian beberapa informasi terkait proses memulihkan stamina setelah sakit dan makanan yang bisa dikonsumsi. Cukupkan minum air putih setiap harinya sesuai kebutuhan tubuh, sehingga tidak dehidrasi.

Selain mengonsumsi makanan untuk memulihkan stamina setelah sakit, ada baiknya jika Anda mendapatkan tambahan vitamin. Berbagai suplemen vitamin tambahan bisa Anda dapatkan di Klinik Sengkang Medical Centre. Bisa datang langsung atau beli online di sini.

***

Terakhir diperbarui: 17 September 2022
Referensi:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.